Kiat Melatih Anak Menulis

Bunda, untuk bisa melatih kemampuan menulis pada sih kecil memang bisa dibilang gampang-gampang susah ya, apalagi anak dengan usia dini ini mudah sekali bosan, dan juga kurang suka jika diajarkan dengan hal-hal yang baru. Jadi tak heran jika ada banyak para orangtua yang merasa kesulitan sekali pada saat dihadapkan pada kegiatan tersebut. Akan tetapi Anda juga tak boleh menyerah begitu saja ya bund, Anda tetap harus mengajarkan anak Anda menulis dengan penuh ketelatenan dan juga kesabaran yang ekstra. Dan berikut ini ada beberapa kiat-kiat penting melaitih sih kecil menulis yang bisa Anda simak terlebih dulu.

Kiat Melatih Anak Menulis
Kiat Melatih Anak Menulis

Kiat-kiat melatih anak menulis

  • Menumbuhkan kecintaan dan juga kebiasaan membaca dalam diri anak. Ini adalah salah satu hal yang paling penting sekali yang dapat Anda lakukan untuk menjamin supaya anak Anda nantinya jadi penulis yang baik. Seseorang yang kerajinan membaca jadi akrab sekali dengan teknik yang dipergunakan penulis yang baik. Anak juga perlu teladan, yakni dengan membaca. Makin banyaknya mereka membaca, maka akan makin matang pula berkembangnya rasa kebahasaan sih anak tersebut.
  • Dukung selalu tulusan anak Anda. Pada setiap tulisan, pasti akan ada sesuatu yang bisa Anda puji. Sebuah hasil karya anak, misalnya saja tulisannya, pastinya ada yang baik dan juga ada yang kurang baik. Anak Anda sudah berusaha memberi yang terbaik di dalam tulisannya tersebut. Anak Anda mau mencoba dengan kemampuan yang dimiliki dan itulah adalah hasilnya. Anda harus bisa menghargai apa yang telah anak Anda usahakan Lihat prosesnya, nilailah prosesnya tersebut dan jangan hanya nilai hasilnya saja. Baik atau pun buruk tulisan anak Anda, sebagai orangtua yang baik, Anda pun juga ahrus memberi penghargaan dengan cara memberikan pujian. Hal yang demikian ini dilakukan sebagai cara untuk memberi dukungan dan juga memberi semangat pada anak. Memberi motivasi pada anak agar menghasilkan tulisan yang jauh lebih baik lagi.
  • Tawarkan saja saran dan juga kritikan pada anak hanya jika mereka sudah jadi penulis yang percaya diri dan juga terampil. Pemberikan saran dan juga kritik ini diberikan secara personal sebab tak semua anak dalam ruang kelas tersebut memiliki potensi menulis yang sama. Guru kelas bisa lakukan pendekatan pribadi terlebih dulu, lalu tanyakan secara perlahan dengan kata-kata yang tepat alias tak membuatnya tersinggung.
  • Hargai juga privasi anak. Jangan membaca tulisan tanpa seijinnya. Tujukan saja bahwasannya Anda juga tertarik pada tulisan anak Anda tersebut. Tantakan terlebih dahulu apa mereka ingin Anda membacanya atau tidak, dan jangan pernah memaksa. Jangan juga mencuri-curi baca.

Demikianlah kiat-kiat melatih anak menulis yang bisa kami informasikan kepada Anda. Semoga saja bermanfaat. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/