Cara Benar Mengajari Anak Bermain dalam Kerapian

Mainan yang berserakan, buku-buku yang berhamburan, masih belum lagi pakaian yang kotor pun juga ikut tercecer dimana-mana. Hemmm… rasanya baru tadi pagi Anda membereskan dan membersihkan kamar anak Anda, eh tahu-tahu kamarnya sudah kembali seperti kapal pecah. Apabila Anda sudah mulai bosan jadi “Mom cleaner” maka kini saatnya untuk bertindak disiplinkan anak Anda supaya dia jadi lebih terorganisir.

Cara Benar Mengajari Anak Bermain dalam Kerapian
Cara Benar Mengajari Anak Bermain dalam Kerapian

 

Berbagai macam keuntungan tentu saja akan didapatkan bila Anda terapkan disiplin pada anak sejak usia dini. Yang pertama Anda nantinya tak perlu lagi susah payah membersihkan kamar anak, kedua ini juga akan melatih mental sih kecil untuk bisa lebih bertanggung jawab lagi atas setiap tindakannya, maksudnya di sini adalah pastikan anak Anda tahu bahwasannya jika berani membongkar maka harus berani untuk membereskan kembali.

Dan salah satu hal yang harus Anda tahu sebelum akhirnya mendisiplinkan anak adalah bahwasannya anak akan belajar dari apa yang sudah mereka lihat sehari-hari dan mereka dengar. Jadi, apabila ingin kamar atau pun semua rumah selalu terjaga akan kebersihan serta kerapiannya, maka berikan pelatihan, teladan, dan juga pengaturan yang lebih nyata bagi mereka.

Cara mengajari anak bermain dalam kerapian

Menaruh barang pada tempatnya

Hal yang satu ini memiliki peranan yang cukup penting sekali untuk mendidik supaya mental anak lebih rapi dan juga terorganisir dengan baik. Selain hal tersebut, bukan akan lebih memudahkan Anda juga bila memang ingin cari barang tertentu pada saat diperlukan. Bila memungkinkan minta bantuan anak Anda untuk melabeli kotak atau pun lemari penyimpanan. Contohnya saja kotak ini untuk buku, kota satunya untuk mainan, dan lain sebagainya.

Berikan batasan teman bermain

Apabila Anda memang tak ingin melihat rumah Anda dipenuhi oleh mainan yang berserakan, maka Anda di sini harus bisa menerapkan prinsip satu ini. Untung-untung bila rumah tinggal Anda mempunyai banyak kamar, sehingga anak Anda memiliki kamar bermainnya sendiri, akan tetapi jika tidak, mak Anda bisa memberika space khusus bagi Anda untuk bisa bermain yang lebih leluasa. Namun ingatkan juga agar mereka tidak melanggar batasan wilayah tersebut. Dengan kata lainnya, tegaskan bahwasannya Anda tak ingin lihat ada mainan di atas meja dapur.

Berikan batasan waktu bermain

Selain ruang lingkup, anak Anda juga harus mempunyai jam main. Mereka tak seharusnya dibiarkan bermain di sepanjang waktu. Ada baiknya Anda ijinkan mereka bermain seusai menyelesaikan tiap tanggung jawab yang ada, contohnya saja selesaikan kerjakan pekerjaan rumah dan pekerjaan lainnya. Dengan begitu jam bermain tersebut dapat digunakan sebagai reward bagi anak-anak. Pilih mainan edukatif supaya tumbuh kembang anak jadi lebih baik lagi.

Demikian informasi tentang cara benar mengajari anak bermain dalam kerapian yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. Sumber : www.sekolahbahasainggris.com