Tips Aktifkan Otak Kanan dan Kiri pada Anak

Otak mempunyai 2 sisi, yang mana masing-masing dari sisinya bertanggung jawab untuk kegiatan atau aktifitas khusus yang dilakukan oleh manusia. Otak kanannya merupakan sisi kreatif dari otak, sedangkan otak kirinya adalah sisi logis dari otak. Penting sekali untuk bisa mengaktifkan otak kanak guna melakukan pekerjaan kreatif. Dan di bawah ini beberapa tips aktifkan otak kanan dan kiri pada anak yang harus Anda tahu.

Tips Aktifkan Otak Kanan dan Kiri pada Anak
Tips Aktifkan Otak Kanan dan Kiri pada Anak

 

Tips aktifkan otak kanan dan kiri pada anak

Meditasi

Ini merupakan praktek yang bisa aktifkan otak kanan, selain hal tersebut meditasi juga akan membantu anak kembangkan intuisi, jaga diri tetap tenang, tetapi pada saat bersamaan kembangkan kemampuan untuk waspada saat bahaya datang. Ada banyak sekali panduan dari internet mengenai bagaimana cara terbaik dalam melakukan meditasi. Meditasi ini mengharuskan anak untuk duduk diam tanpa harus bergerak dan coba untuk kosongkan pikiran. Meditasi sudah dipraktekan selama berabad-abad.

Seni

Silakan masukkan selembar kertas dengan cara biasa anak pakai kemudian coba masukkan lagi dengan arah berbeda, contohnya saja dari kanan ke kiri atau pun sebaliknya, dari atas ke bawah maupun sebaliknya. Belajar menggambar dan juga melukis ini merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk aktifkan sisi kanak pada otak anak. Untuk pemula yang baru mulai aktifkan otak kanak, coba untuk salin gambar yang sederhana, gambar seperti yang Anda lihat akan tetapi digambar secara terbalik. Hanya mencoret-coret juga dapat meningkatkan kreatifitas anak. Dan untuk bisa tingkatkan kekuatan observasi pada anak, coba untuk lihat keadaan di luar rumah atau pun tempat umum selama 1 menit, kemudian coba untuk mengingat serta menuliskan semua hal yang sudah dilihat oleh anak.

Pakai bukan tangan dominan anak

Sembari lakukan kegiatan yang berbeda coba untuk menggunakan tangan yang bukan tangan dominan anak Anda, bila anakĀ  umumnya menggunakan tangan kanannya kini coba untuk lakukan aktifitas dengan tangan kiri. Coba menulis dengan tangan kiri, itu merupakan salah satu cara yang paling populer untuk aktifitas otak kanan pada anak. Juggling bisa bantu anak dapatkan koordinasi antara tangan dengan mata. Cobalah juggling menggunakan benda sehari-hari, ini akan bantu kedua sisi otak bekerja sama dengan baik.

Memecahkan teka-teki

Memecahkan teka-teki ini juga bisa aktifkan otak kiri pada anak, berulang kali berlatih untuk pecahkan teka-teki seperti halnya teka-teki silang, Sudoku, atau bermain catur dapat mempertajam otak kiri, hal yang demikian ini bisa bantu anak untuk lebih fokus pada saat bekerja nanti. Sebab, otak kiri bisa bantu orang jadi sistematis mengenai pekerjaan mereka.

Demikian tips aktifkan otak kanan dan kiri pada anak yang bisa kami informasikan. Semoga saja bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com