Kungfu Cha, Tradisi Menyeduh Teh Dengan Jutaan Manfaat

Kungfu Cha, Tradisi Menyeduh Teh Dengan Jutaan Manfaat

Teh telah menjadi unsur dari budaya sekian banyak  bangsa di dunia, tergolong Indonesia, sekitar berabad-abad. Meski demikian masih tidak banyak orang yang tahu ‘tata cara’ menyeduh teh yang benar dan seharusnya.

Bahkan guna jenis-jenis teh yang ada, orang-orang masih suka terbalik melafalkan jenisnya. Pada suatu acara mengenalkan seni penyeduhan teh yang dikenal dengan Kungfu Cha, satu-satunya Tea Master dari Indonesia, yang mendapat sertifikasi internasional termasuk pernyataan dari Organisasi Teh di Cina dan Jepang, Sensei Suwarni Widjaja mengenalkan jenis-jenis teh yang ada.

Secara garis besar, ada 6 (enam) jenis teh di dunia; Yellow Tea, White Tea, Red Tea, Green Tea, Black Tea, dan Flower Tea. Berdasarkan keterangan dari Suwarni, dari jenis dasar itu akan berkembang menjadi ratusan varian teh.

“Meski berasal dari Tiongkok, namun secara umum seni penyeduhan teh mulai dari persiapan sampai penyajiannya mempunyai makna yang eksklusif dalam kebiasaan suatu bangsa, tidak saja sekadar menuang air panas kemudian diminum,” kata Suwarni.

Kungfu Cha, lanjut dia, tidak sekadar ‘seni’ guna menyeduh teh. Lebih dari itu, teknik minum laksana ini dapat membuat si penikmat jadi tahu seluruh pengetahuan berhubungan teh dari si penyeduh teh.

Dari situ juga, antara penyaji dan penikmat dapat saling mengenal jati diri dan pengetahuan, yang merangkum tujuan hidup dan cara beranggapan sang lawan bicara.

“Makna dari seni penyeduhan teh ini ialah kesabaran, ketekunan, tata krama, santun, keindahan, ketenganan, serta harmonisasi dalam hidup,” kata Suwarni.

Sayang, sekitar ini orang melulu tahu bahwa minum teh tak lebih dari pekerjaan melepas dahaga semata, tanpa mempedulikan bagaimana teknik menikmati rasa dan aromanya.

Suwarni juga menyadari urusan tersebut. Suwarni menyayangkan sebab menurut keterangan dari dia, Indonesia ialah negara yang memiliki kebiasaan minum teh yang powerful di masa lalu.

Tak melulu itu, Indonesia juga dikarunia pelbagai carian teh lokal dan berkualitas, yang bisa berlomba dengan negara-negara lainnya.

Baca Juga: