Macam macam Seni

Macam macam Seni

Macam macam Seni

Macam macam Seni
Macam macam Seni
Secara umum, segala sesuatu yang indah dan berkesan adalah seni. Cara menangkap kesan dan menghasilkan kesan tersebut yang membedakan seni itu sendiri dan membuat beberapa macam seni yaitu:

a. Seni rupa

Pengertian seni rupa adalah hasil ciptaan kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan menjadi suatu struktur sehingga dapat dinikmati menggunakan indera mata dan peraba. Seni rupa intinya adalah sebuah karya seni rupa yang membuat bentuk sehingga dapat dinikmati oleh indera mata atau secara visual. Baca pengertian seni rupa dan unsur unsur seni rupa

b. Seni musik

Seni musik adalah hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi ritme dan harmoni yang indah bagi pendengar. Bunyi yang dihasilkan oleh seni musik dapat merupakan hasil dari suara manusia contohnya menyanyi, atau akapela atau dapat dihasilkan dari alat bantu seperti alat musik contohnya gitar, piano dan alat musik lainnya.

c. Seni tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang mengkreasikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya. Dengan seni tari, manusia menggunakan bagian bagian tubuh mereka seperti tangan, kaki, mata, badan dan lainnya dalam mengkomunikasikan ekspresi rasa dan bentuk keindahan. Seni tari sering digabungkan dengan seni musik dan seni rupa untuk melengkapi penyampaian rasa yang ada.

c. Seni teater

Seni teater adalah hasil ciptaan manusia dalam menvisualisasikan imajinasi atau gambaran gambaran yang ada dalam pikirannya yang berhubungan dengan tingkah laku manusia baik sebagai individu, kelompok ataupun bermasyarakat. Seni teater, layaknya seni tari sering diisi oleh seni rupa dan seni musik dan bahkan juga memasukkan seni tari sehingga pesan yang diinginkan dapat tersampaikan kepada penikmat seni itu sendiri.
Lalu seni yang berbentuk tulisan dan kaligrafi masuk dimana?

d. Seni Sastra

Seni sastra adalah segala bentuk hasil daya kreasi manusia yang dinikmati segi visual dan dari makna yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan. Contohnya tulisan, puisi dan kaligrafi.
Demikianlah artikel tentang pengertian seni dan macam macam seni. Saya harap berguna untuk menjawab pertanyaan anda tentang pengertian seni, jenis jenis seni yang ada, dan macam macam seni yang ada.