Internet Adalah

 Internet Adalah

 Internet Adalah

 Internet Adalah
Internet Adalah

Internet adalah

Internet adalah suatau jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer local dan regional, memungkinkan komunikasi data antar komputer-komputer yang terhubung ke jaringan tersebut.

 

Berbagai Istilah Internet

  1. WWW (World Wide Web)

Lebih dikenal dengan sebutan Web, awalnya merupakan suatu penyajian informasi di internet dengan menggunakan HTML. Web identik dengan internet, karena kepopulerannya saat ini, web sudah menjadi interface aplikasi untuk melakukuan transaksi dan sajian informasi yang lengkap dari seluruh dunia.

  1. URL (Universal Resource Locator)

Menunjukkan sumber daya internet atau alamat homepage yaitu alamat suatu dokumen atau program yang ingin kita tampilkan. Orang sering menyebutnya kotak URL, di kotak inilah user terlebih dahulu harus mengetikkan alamatnya pada kotak URL.

  1. Web Browser

Web browser adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari web server dalam bentuk halaman web.

  1. Web Server

Web server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari kliennya.

  1. Web Site

Dapat diumpamakan sebagai buku yang merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu. Kumpulan dari hal-hal web yang saling berkaitan di dalam website tersebut.

  1. HTTP (Hypertext Transfer Protocol)

Sebuah protocol yang menentukan aturan main antara software web browser dan web server dalam penyediaan dokumen yang diminta oleh browser.

  1. Homepage

Merupakan halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web. Homepage adalah halaman pembuka dari sekian banyak web page yang terdapat pada suatu web site. Halaman pertama ini berisi tentang apa dan siapa, dari perusahaan atau organisasi mana pemilik web site tersebut, juga sering memiliki link-link yang membawa kita pada hal lain dari sebuah situs web.

 

Pengertian HTML

HTML merupakan bahasa standar yang digunakan untuk dokumen WWW. Bahasa HTML merupakan tag (akhiran) yang menandakan cara browser menampilkan elemen halaman seperti : teks dan gambar dan cara browser menanggapi sesuatu tindakan tertentu dari pemakai seperti Hyperlink dengan hanya meng-klik mouse dan / atau menekan keyboard.

            Dalam dokumen HTML, terdapat 3 buah tag ‘<….>’ utama yaitu tag HTML, HEAD, dan BODY dengan contoh penulisan dasar seperti berikut :

Pengenalan PHP

PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. Dengan menggunakan program PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website / komputer client akan diolah dan disimpan pada database web server dan dapat ditampilkan kembali. Untuk menjalankan kode-kode program PHP, file harus diupload ke dalam server. Upload adalah proses mentransfer data atau file dari komputer client ke web server.

 

Keunggulan PHP

Beberapa keunggulan program PHP antara lain :

  1. PHP memiliki tingkat akses yang lebih cepat
  2. PHP memiliki tingkat lifecycle yang cepat sehingga selalu mengikuti perkembangan teknologi Internet.
  3. PHP memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
  4. PHP mampu berjalan di beberapa server yang ada, misalnya Apache, Microsoft IIS, PWS, AOLserver, phttpd, fhttpd, dan Xitami.
  5. PHP mampu berjalan di Linux sebagai platform system operasi utama bagi PHP, namun dapat juga berjalan di Unix, Solaris, Windows dan yang lain.
  6. PHP juga mendukung akses ke beberapa database yang sudah ada, baik yang bersifat free / gratis ataupun komersial. Database ini antara lain MySQL, PosgreSQL, mSQL, Informix, dan Microsoft SQL Server.
  7. PHP bersifat free atau gratis.

Script PHP

Setiap program PHP disebut dengan script. Script berupa file teks, yang dapat dibuat dengan menggunakan editor file teks biasa seperti notepad, edit, vi (dalam lingkungan Unix/Linux), ataupun lainnya. Setiap baris perintah / statement harus diakhiri dengan menggunakan tanda titik koma (;). Umumnya setiap statement dituliskan dalam satu baris.

Script PHP diawali dan diakhiri dengan menggunakan tag khusus. Ada 4 macam cara yang dapat digunakan untuk menuliskan script PHP di dalam suatu dokumen HTML.

Cara I :

Cara II :

Cara I merupakan cara yang lebih praktis, selalu mengasumsikan bahwa

Cara III :

<% echo “Script PHP”; ?>

Cara IV :

<%=$nama Var;%>

Cara III dan IV menggunakan gaya Active Server Pages (ASP). Cara III dan IV disediakan untuk mengakomodasikan programmer ASP yang terbiasa menggunakan <% dan %> dalam membuat script ASP, hanya sekarang yang dituliskan di dalamnya adalah script PHP bukan script bahasa VBScript. ASP adalah teknik pemrograman web dengan bahasa VBScript, merupakan produk yang dikembangkan oleh Microsoft (IIS). Cara III dan IV dapat dilakukan oleh PHP apabial nilai asp_tags pada php.ini diberi nilai On bukan Off. Pada cara IV tanda sama dengan (=) digunakan untuk menggantikan perintah echo. Operator “=” digunakan jika hanya ingin menampilkan isi dari suatu variable.

2.4 MySQL

MySQL adalah sebuah Relasional Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Karena MySQL berada di bawah GPL, maka orang bebas untuk menggunakannya namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat closed source.

MySQL sebenarnya merupakan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language) yang merupakan sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan / seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah. MySQL sendiri menggunakan SQL sebagai bahasa dasar untuk mengakses databasenya.

MySQL bersifat bebas pada berbagai platform, kecuali pada Windows yang bersifat software.Pada perkembangannya MySQL banyak digunakan untuk pengelolaan web. Sebagai contoh, MySQL digunakan oleh Yahoo! Dalam pengoperasian databasenya.

 

Menjalankan Perintah SQL di PHP

Untuk memproses perintah-perintah MySQL dalam PHP, dibutuhkan fungsi-fungsi pendukung yang disediakan oleh PHP. Berikut ini adalah beberapa fungsi pendukung yang digunakan oleh PHP dalam memproses perintah-perintah MySQL dijelaskan oleh table berikut.

Tabel 2.8 Fungsi pada PHP yang mendukung perintah MySQL

Nama Fungsi Kegunaan
mysql_connect() Menghubungkan / koneksi ke server database MySQL
mysql_list_dbs() Menampilkan basis data yang tersedia
mysql_select_db() Memilih database yang ada di server database MySQL
mysql_query Mengirim perintah SQL ke server MySQL
mysql_fetch_row()

atau

mysql_fetch_array()

Memanggil record-record yang diambil dari server, menghasilkan set pointer yang dihasilkan oleh suatu query
mysql_num_row() Mengetahui jumlah record yang dihasilkan oleh suatu query
mysql_close() Menutup koneksi ke server database MySQL

 

E-commerce Mengenal E-Commerce

Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce. Makhluk apa sesungguhnya e-commerce itu, bagaimana ia dapat mempermudah penggunanya, serta peran pentingnya akan dibahas dalam tulisan ini.

2.5.2 Pengertian E-Commerce

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business(bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik. Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce is a part of e-business”.

Media elektronik yang dibicarakan di dalam tulisan ini untuk sementara hanya difokuskan dalam hal penggunaan media internet. Pasalnya, penggunaan internetlah yang saat ini paling populer digunakan oleh banyak orang, selain merupakan hal yang bisa dikategorikan sebagai hal yang sedang ‘booming’. Perlu digarisbawahi, dengan adanya perkembangan teknologi di masa mendatang, terbuka kemungkinan adanya penggunaan media jaringan lain selain internet dalam e-commerce. Jadi pemikiran kita jangan hanya terpaku pada penggunaan media internet belaka.

Penggunaan internet dipilih oleh kebanyakan orang sekarang ini karena kemudahan-kemudahan yang dimiliki oleh jaringan internet, yaitu:

  1. Internet sebagai jaringan publik yang sangat besar (huge/widespread network), layaknya yang dimiliki suatu jaringan publik elektronik, yaitu murah, cepat dan kemudahan akses.
  2. Menggunakan electronic data sebagai media penyampaian pesan/data sehingga dapat dilakukan pengiriman dan penerimaan informasi secara mudah dan ringkas, baik dalam bentuk data elektronik analog maupun digital.

Dari apa yang telah diuraikan di atas, dengan kata lain; di dalam e-commerce, para pihak yang melakukan kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.

E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara (intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer networks) yaitu internet.

Julian Ding dalam bukunya E-commerce: Law & Practice, mengemukakan bahwa e-commerce sebagai suatu konsep yang tidak dapat didefinisikan. E-commerce memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Sedangkan Onno W. Purbo dan Aang Wahyudi yang mengutip pendapatnya David Baum, menyebutkan bahwa: “e-commerce is a dynamic set of technologies, aplications, and business procces that link enterprises, consumers, and communities through electronic transaction and the electronic exchange of goods, services, and information”. Bahwa e-commerce merupakan suatu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

E-commerce digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan public. Jika diklasifikasikan, sistem e-commerce terbagi menjadi tiga tipe aplikasi, yaitu:

  • Electronic Markets (EMs).

EMs adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan/menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan. Keuntungan fasilitas EMs bagi pelanggan adalah terlihat lebih nyata dan efisien dalam hal waktu. Sedangkan bagi penjual, ia dapat mendistribusikan informasi mengenai produk dan service yang ditawarkan dengan lebih cepat sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak.

  • Electronic Data Interchange (EDI).

EDI adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi reguler yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.

Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA)sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.

EDI sangat luas penggunaannya, biasanya digunakan oleh kelompok retail yang besar ketika melakukan bisnis dagang dengan para supplier mereka.

EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

  • Internet Commerce.

Internet commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi

informasi dan komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.

Penggunaan internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat; internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.

Sumber : http://sepatu-futsal.com/trik-jitu-mendidik-anak-agar-kreatif-dan-cerdas/