Pengertian Kelompok Sosial Dan Hakekatnnya

Pengertian dan Hakekat kelompok Sosial

Pengertian Kelompok Sosial Dan Hakekatnnya

Pengertian dan Hakekat kelompok Sosial

Kelompok Sosial

Manusia adalah makhluk social, makhluk yag tidak dapat hidup sendiri-sendiri, sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu membutuhkan manusia lainnya dalam menjalani kehidupannya. Maka dari  itu manusia akan selalu memiliki naluri untuk  hidup dalam kelompok-kelompok tertentu, baik dalam kelomok kecil maupun kelompok yang besar. Munculnya kelompok-kelompok dari beberapa individu-individu manusia karena adanya kenyataan bahwa dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya akan lebih produktif dengan berkelompok.

Pengertian Kelompok Sosial

Terbentuknya sebuah kelompok pada tidak terlepas dari hasrat manusa itu sendiri sebagai makhluk social yang selalu berinteraksi antara individu yang satu denga yang lainnya. . Hasrat tersebut bertujuan agar tercipta kekuatan bersama, mengingat adanya kenyataan bahwa manusia adalah makhluk yang lemah.Hasrat-hasrat manusia yang memunculkan terbentuknya kelompok antara lain sebagai berikut.

  1. Hasrat sosial, adalah keinginan manusia untuk berinteraksi dengan individu  lain
  2. Hasrat bergaul, adalah keinginan manusia untuk bergabung dengan orang   maupun kelompok lain.
  3. Hasrat memberitahukan, adalah keinginan manusia untuk menyampaikan perasaannya kepada orang lain.
  4. Hasrat meniru, adalah keinginan manusia untuk meniru suatu gejala.
  5. Hasrat berjuang, adalah keinginan manusia untuk mengalahkan lawan atau berjuang untuk mempertahankan hidupnya.
  6. Hasrat bersatu, adalah keinginan manusia untuk bersatu dengan lainnya
  7. Kesamaan keturunan dan keyakinan. adalah keinginan manusia untuk selalu bergaul dengan orang lain merupakan naluri alami manusia.

Secara Bahasa Kelompok social

Dapat di artikan sebagai kumpulan atau golongan dalam sebuah masyarakat, masyarakat yaitu   sejumlah manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama. Kelompok social juga bisa dipahami atau di definisikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

Dalam pandangan ilmu sosiologi, kelompok diartikan sebagai suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi sehingga mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.  Banyak definisi yang di kemukakan oleh para ahli sosiologi mengenai definisi dari kelompok social ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Joseph S.Roucek dan Roland L.Warren,  kelompok yang terdiri atas dua atau lebih manusia dan di antara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggota atau orang lain secara keseluruhan.
  2. Mayor Polak,  sejumlah orang yang satu sama lain memiliki hubungan sebagai sebuah struktur untuk memenuhi kepentingan bersama.
  3. Wila Huky,  suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.
  4. Robert Bierstedt , kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama terhadap keanggotaannya dan saling berinteraksi.
  5.  Merton (Profesor Sosiologi pada Universitas Columbia),sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan. Robert K. Merton menyebutkan tiga kriteria suatu kelompok, yaitu:

Ø  Memiliki pola interaksi,

Ø  Pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok; dan

Ø  Pihak yang berinteraksi didefinisikan oleh orang lain sebagai anggota kelompok.

Sumber: : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/