Zaman Batu Tua Berlangsung Selama 600.000

Zaman Batu Tua Berlangsung Selama 600.000

Zaman Batu Tua Berlangsung Selama 600.000

Zaman Batu Tua Berlangsung Selama 600.000

Zaman Batu

Zaman ini diiperkiirakan berlansung selama 600.000 tahun silam, yaitu selama kala pleistocen (diluvium). Apakah anda dapat membayangkan keadaan manusia yang hidup pada kurun waktu tersebut? selama kurun waktu tersebut  manuusia hanya menggunakan alat –alat yang paling dekat dengan lingkkungan hidup mereka, seperti kayu, bambu, dan batu. Bandingkan dengan peralatan yang anda gunakan sehari-hari! Berbeda bukan? Mereka menggunakan batu yang masih kasar untuk memburu binatang.

Batu yang berfungsi sebagai kapak yang digenggam untuk memotoong kayu atau membunuh binatang buruan.. kehidupan maanusia zaman ini masih nomaden atau berpindah-pindah dari satu tempat ketempat lain.

 

Kepindahan tempat mereka bergantung pada tersedianya bahan-bahan makanan, terutama binatang buruan. Jadi, inti dari kegiatan hidup sehari-hari manusia pendukunng Zaman Paleotikum adalah mengumpulkan bahan makanan untuk dikomsumsi saat itu juga. Kegiatan seperti itu disebut peradaban food gathering atau pengumpul makanan.

Refraktometer

Refraktometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar atau konsentrasi bahan terlarut misalnya : gula, garam, protein, dsb. Prinsip kerja dari refraktometer sesuai dengan namanya adalah dengan dengan memanfaatkan refraksi cahaya. Refraktometer ditemukan oleh Dr. Ernst Abbe seorang ilmuan dari Jerman pada permulaan abad 20 (Raharjo, 2010).

Pengertian Refraktometer

Refraktometer adalah alat untuk mengukur nilai kadar garam pada air. Alat ini sangat mudah dalam penggunaan dan perawatannya. Untuk menjaga keakuratan pembacaan dari refraktometer ini maka kita harus mengenal  tiap bagian-bagian dari alat ini.

 

Artikel terkait :