Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi

Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi

Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi

Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi
Smartphone Terjangkau yang Penuhi Ekspektasi

Hadir sebagai ‘senjata’ Samsung untuk bersaing

di segmen menengah-bawah. Simak review kelebihan dan kekurangan, serta spesifikasi Samsung Galaxy A30!

Review Samsung Galaxy A30 – Muncul sebagai salah satu andalan Samsung di segmen kelas menengah ke bawah, Galaxy A30 dihadirkan untuk bersaing dengan smartphone terjangkau lain yang membawa spesifikasi tinggi.

Untungnya, Galaxy A30 bukan lah ponsel ‘pas-pasan’ yang sekadar ada. Tapi, handphone ini muncul untuk menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik bagi yang tengah mencari smartphone terjangkau dengan spesifikasi dan fitur andalan.

Dengan harga mulai Rp 2 jutaan, apakah Samsung Galaxy A30 benar-benar memenuhi ekspektasi? Simak review selengkapnya!

 

1. Desain Modern

kelebihan samsung galaxy a30, kekurangan samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Appand Phones
Bagian depan Galaxy A30 sangat bersih dan tampilan titisan air Infinity-U membantu mengurangi bezel di sekelilingnya. Layar 6,4 inci memiliki bezel ramping di sekelilingnya dan rasio layar ke bodi sebesar 84,9 persen.

Ada bagian substansial di sepanjang tepi bawah, tetapi tidak terlalu merusak pemandangan. Secara garis bsesar, tampilannya sangat mirip Samsung Galaxy A50. Hanya ia berbeda pada bagian kamera belakang.

2. Performa Oke di Kelasnya
kelebihan samsung galaxy a30, kekurangan samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Phone Arena
Jika penggunaan ponsel cerdas kamu berputar di sekitar media sosial, panggilan telepon, dan sehari-hari secara umum, Galaxy A30 bisa jadi pilihan yang tepat. Prosesor Exynos 7904 cukup kuat dan Samsung telah melakukan pekerjaan yang brilian pada chipset untuk perangkat terjangkau ini.

Ponsel ini sendiri dibekali ‘otak’ Exynos 7904 buatan Samsung, yang dibangun dengan proses fabrikasi 14 nanometer (nm). Cukup canggih, namun tidak terlalu ‘wah’ untuk gadget. Prosesor ini juga terbilang tangguh karena mampu ‘berlari’ dengan kecepatan hingga 1,8 GHz dan didukung arsitektur ARM Cortex-A73.

3. Penyimpanan Sesuai Ekspektasi
kelebihan samsung galaxy a30, kekurangan samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Smartpix
Samsung menghadirkan Galaxy A30 dengan dua pilihan penyimpanan, yakni 32 GB dan 64 GB. Versi terbesar bisa jadi pertimbangan karena bisa dibilang kapasitas tersebut adalah yang dibutuhkan untuk penggunaan perangkat mobile di masa sekarang.

Penyimpanan internal yang memenuhi ekspektasi tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB untuk memastikan proses multitasking berjalan lancar.

4. Baterai Andalan
kelebihan samsung galaxy a30, kekurangan samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Gadgetbyte Nepal
Seperti Galaxy A50, Galaxy A30 mengambil langkah mundur dari Galaxy M30 dalam masa pakai baterai. Namun, kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh sangat lebih dari cukup dan bisa bertahan hingga seharian.

Tak hanya soal kapasitas baterai yang memenuhi kebutuhan, tapi proses pengisian ulang dayanya pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini karena ia telah didukung dengan teknologi fast battery charging 15W.

5. Layar Super AMOLED yang Khas
kelebihan samsung galaxy a30, kekurangan samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Mr. Phone
Bukan ponsel Samsung jika layar yang digunakan bukan lah Super AMOLED. Untungnya, lagi-lagi Galaxy A30 memenuhi ekspektasi tersebut. Layar ini memang terbilang cukup mahal dibanding jenis layar lain.

Namun, jangan pernah ragukan soal kualitas dan kenyamanan menggunakan ponsel berlayar Super AMOLED. Layar tetap bisa jelas terlihat meski di sudut ekstrem, tingkat kecerahan tinggi dan tetap jernih di luar ruangan.

 

Apa lagi yang diragukan dari teknologi layar besutan pabrikan asal Korea ini sendiri?

6. Ukuran Layar Luas tapi Pas
spesifikasi samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Trusted Reviews
Semakin ke sini, ukuran layar smartphone rasanya semakin meluas. Apalagi ditambah dengan maraknya tren layar tanpa bingkai, pabrikan ponsel ramai-ramai memaksimalkan potensi ukuran layar yang bisa dipakai.

Namun, sepertinya ukuran layar yang besar kadang juga malah membuat tidak nyaman. Untungnya, Galaxy A30 dibekali dengan screen yang pas berukuran 6,4 inci. Ukuran yang pas ini disempurnakan dengan resolusi layar tinggi, yakni Full High Definiton Plus (Full HD+) 2.340 x 1.080 piksel.

7. Sudah Mendukung USB Type-C
spesifikasi samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Android Authority
USB Type-C merupakan port yang membuat pengiriman file dan pengisian daya baterai bisa dilakukan secara lebih efisien. Memang, masih cukup jarang yang menggunakan ponsel dengan port jenis ini. Pastikan kamu selalu membawanya saat bepergian.

Kekurangan Samsung Galaxy A30

8. Sensor Sidik Jari Masih di Belakang
spesifikasi samsung galaxy a30
Sumber Gambar: The Ring-Tum Phi
Setelah sekian banyaknya kelebihan, sensor biometrik sidik jari terlalu sulit dijangkau. Berfungsi sebagai sensor keamanan untuk membuka kunci layar, sensornya tidak begitu responsif dan tidak begitu cepat.

Namun, ini bukan persoalan yang begitu penting, asal jari tangan berada pada posisi yang tepat saat membukanya.

9. Performa Gaming Kurang Maksimal
spesifikasi samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Pinoy Techno Guide
Sayangnya, kinerja gaming A30 bukan yang terbaik dikelasnya. Pengolah grafis Mali G71 MP2 tidak dapat mengimbangi Adreno 612 pada ponsel para pesaingnya. Game seperti PUBG pun hanya bisa dinikmati dengan grafis sedang.

Mendorong ponsel ini menampilkan grafis yang lebih tinggi dapat menghasilkan beberapa frame drop. Meski permainan masih bisa dimainkan, tapi itu jauh dari pengalaman terbaik. Tapi yang perlu diingat, ia memang bukan ditujukan untuk kebutuhan gaming intensif.

10. Lagi-lagi Tanpa NFC
spesifikasi samsung galaxy a30
Sumber Gambar: Phone Arena
Sama seperti seri smartphone kelas menengah bawah Samsung lainnya, A30 juga hadir tanpa membawa fitur near field communication (NFC). Alasannya mungkin sama, yakni untuk menekan harga.

Karena fitur ini memang jarang dibutuhkan oleh sebagian orang yang masih mengandalkan transaksi offline.

Spesifikasi Samsung Galaxy A30

Nama: Samsung Galaxy A30
Rilis: Februari 2019
Berat: 165 gram
Material: Kaca (depan) dan plastik (bodi)
Jenis dan Ukuran Layar: Super AMOLED 6,4 inci
Resolusi Layar: Full HD+ 2.340 x 1.080 piksel
Proteksi Layar: Corning Gorilla Glass 3
Chipset: Samsung Exynos 7904 (14 nm)
Prosesor: Octa core (2×1,8 GHz Cortex-A73 + 6×1,6 Ghz Cortex-A53)
RAM: 3 GB/4 GB
Memori Internal: 32 GB/64 GB
Memori Eksternal: dedicated microSD card hingga 1 TB
Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, PDAF) + 5 MP (f/2.2, 12 nm, lensa ultrawide)
Kamera Depan: 16 MP (f/2.0)
Bluetooth: 5.0 LE
USB: Type-C
Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, proximity, compass
NFC: Tidak ada
Waterproof: Tidak ada
Baterai: 4.000 mAh (fast battery charging 15W)
Harga: Mulai dari Rp 2.742.000

Sumber : https://how.co.id