Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Ditutup Besok Malam

Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Ditutup Besok Malam

Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Ditutup Besok Malam

Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Ditutup Besok Malam
Pendaftaran SNMPTN 2019 Resmi Ditutup Besok Malam

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memperpanjang waktu pendaftaran dan finalisasi

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2019. Ketua LTMPT, Ravik Karsidi mengatakan, sebenarnya pendaftaran SNMPTN berlangsung pada 4-14 Februari 2019. Namun karena banyaknya keluhan terkait server yang bermasalah, maka panitia memberikan perpanjangan waktu hingga 19 Februari pukul 22.00 WIB.

Karsidi mengatakan, siswa yang masih kesulitan untuk melakukan pendaftaran dan finalisasi akan dibantu untuk dicarikan solusi yang pada prinsipnya tidak merugikan siswa. Berdasarkan sumber data yang diambil SP dari situs web.snmptn.ac.id/pokja per Minggu (17/2), dari 613.860 orang siswa yang dinyatakan eligibel untuk mendaftar SNMPTN, hanya 459.820 peserta dari 13,993 sekolah yang sudah finalisasi. Sementara itu, yang belum melakukan pendaftaran terdapat 86,229 peserta dan yang belum melakukan pendaftaran dan belum finalisasi sebanyak 12,552 peserta.

Menyikapi kondisi tersebut, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsah Suryadi mengatakan,

LTMPT dan jajaran panitia SNMPTN sudah bekerja keras dan sudah sosialisasi sejak awal.

Dijelaskan dia, akar pemasalahan server ini terkait dengan trafik atau volume pendaftar sangat tinggi di akhir masa pendaftaran. Itu semua disebabkan oleh perilaku calon peserta yang menunda aktivitas pendaftaran ke ujung periode pendaftaran. Padahal, mekanisme SNMPTN bukanlah kegiatan baru.

Berkaca dari kejadian tersebut, Kadarsah berharap, ini dapat menjadi bahan pembelajaran

peserta untuk segera mendaftar saat SNMPTN dibuka. “Ke depan akan ada UTBK SBMPTN (Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, red). Semoga para peserta memperbaiki perilakunya dengan menyegerakan proses pendaftaran, sehingga tidak menumpuk di ujung,” katanya melalui pesan singkat yang diterima SP, Minggu (17/2).

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo mengatakan, bagi siswa yang eligibel diimbau untuk segera mendaftar SNMPTN. Pasalnya, sejak SNMPTN dibuka, dari 613.860 orang siswa yang dinyatakan eligibel untuk mendaftar SNMPTN hingga Rabu (6/2), jumlah pendaftar baru mencapai 10.785 peserta dan jumlah pendaftar yang sudah finalisasi sebanyak 6.553 orang. Sedangkan 315.071 peserta lainnya terdeteksi hanya melakukan login tetapi belum melakukan pendaftaran.

“Mereka login hanya untuk mempelajari. Artinya trafik tinggi tetapi hanya login mempelajari dan belum melakukan pendaftaran. Jadi masih sedikit yang melakukan pendaftaran dan dimohon untuk segera mendaftar setelah memiliki pilihan perguruan tinggi dan program studi,” kata Budi.

 

Sumber :

https://www.anythingbutipod.com/sejarah-g30s-pki/