Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba

Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba

Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba

Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba
Perpustakaan Terapung Ini Singgahi 7 Kabupaten di Danau Toba

Untuk menjadikan bangsa Indonesia maju, perlu didorong budaya membaca bagi setiap masyarakat.

Apalagi bagi warga yang tinggal di lokasi minim fasilitas ruang membaca.

Atas dasar ini, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) melalui program tanggung jawab sosial (corporate social responsibilty/CSR) di bidang pendidikan, memberi bantuan satu buah kapal motor (KM) belajar, berisi ribuan buku sebagai perpustakaan terapung yang berkeliling ke sejumlah wilayah di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Keberadaan tempat membaca terapung yang dikelola Yayasan Alusi Tao Toba itu menghibur anak-anak

di tujuh kabupaten di Sumut yang berbatasan langsung dengan Danau Toba. Di sana, mereka bisa meminjam beragam buku tanpa dikenai biaya sepeser pun alias gratis. “Kapal ini singgah di tujuh kabupaten di Danau Toba,” kata kapten kapal perpustakaan terapung, Biston Manihuruk saat ditemui media di dermaga Parapat, kawasan Dana Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (5/11).

Biston mengungkapkan, setiap berlabuh, kapal belajar ini bersandar dalam jangka waktu lima sampai tujuh hari. Selama itu pula, warga sekitar memanfaatkan perpustakaan terapung. Bagi anak-anak, fasilitas ini biasanya dimanfaatkan sepulang sekolah. “Membaca adalah sebuah kewajiban tidak hanya bagi anak-anak, namun juga orang dewasa. Dalam sehari, warga yang membaca bisa mencapai 20 orang,” kata dia.

Menurutnya, dengan meningkatkan kualitas pendidikan anak, maka kemampuan hidup dan ekonomi

masyarakat juga akan naik. “Pembangunan perpustakaan terapung ini juga mendukung sekolah yang ada di desa-desa sekitar Toba,” kata dia.

Kapal motor kayu dengan panjang 10 meter (m) dan lebar 3 meter ini memiliki koleksi buku sekitar 1.000, mulai buku pelajaran, komik, novel, buku ilmu pengetahuan, teknologi hingga buku kesenian. Adapun koleksinya perpustakaan terapung didapat dari pihak manapun yang bersedia memberikan donasi. “Dalam kapal tersebut dilengkapi life vest, dan alat peraga pendidikan bagi anak-anak,” kata dia.

Selain memberi bantuan satu unit kapal, BNI juga membantu renovasi kapal perpustakaan terapung sebelummya dengan ukurang yang lebih besar.

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/