Pertanyaan Wajib Saat Pertama Kali Kontrol Kehamilan

Pertanyaan Wajib Saat Pertama Kali Kontrol Kehamilan Demi Kesehatanmu dan sang Buah Hati

Setelah telat haid dan mendapat hasil positif di tes kehamilan, biasanya para orang tua baru akan tak sabar bergegas ke dokter kandungan untuk check-up. Saking bersemangatnya kadang bisa bingung, kira-kira mau tanya apa saja nanti kalau sudah masuk ke ruang dokter untuk kontrol?

Untukmu para mama dan papa newbie, berikut Hipwee Young Mom sudah merangkum sejumlah pertanyaan umum yang bisa ditanyakan saat mengecek kandungan pertama kali ke obgyn. Tentu nggak saklek harus begini ya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Cek yuk, apa saja pertanyaan wajib ibu dan ayah baru saat ke dokter kandungan pertama kali!

Pertanyaan #1: Apakah hasil check up saya hari ini baik dan bagaimana saya menjaganya tetap baik selama kehamilan?

Ini penting karena ibu hamil biasanya akan mendapat sejumlah pengecekan kesehatan di awal kontrol ke dokter kandungan. Misalnya cek ukuran lengan, tekanan darah dan sebagainya. Bisa lebih lengkap lagi kalau kamu melakukan pengecekan di puskesmas.

Pertanyaan #2: Berapa usia kandungan saya saat ini dan berapa ukuran si kecil? Apakah sudah sesuai untuk usianya?

Biasanya dokter akan menanyakan kapan haid terakhir kali untuk dapat menghitung usia kandungan sudah masuk berapa minggu. Pun terkadang juga akan mengukur ukuran si janin, apakah sudah sesuai dengan perkiraan usia kehamilan.

Pertanyaan #3: Tes prenatal screening apa yang dokter sarankan untuk saya berdasarkan umur dan riwayat kesehatan saya?

Ini bisa jadi opsi, tapi nggak selalu diwajibkan kok. Bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan #4: Berapa berat badan ideal yang harus saya capai tiap bulan dan maksimal kenaikan saya?

Ini penting karena masing-masing ibu punya berat badan awal yang berbeda-beda. Yang pasti, jangan sampai obesitas karena bisa mengancam kesehatanmu dan si janin.

Pertanyaan #5: Apakah saya perlu khawatir tentang lingkungan tempat saya tinggal/ bekerja seperti misalnya ada banyak hewan peliharaan, harus mengangkat barang berat, zat kimia dan sebagainya? (Sesuai kebutuhan sang ibu)

Jangan lupa ditanya, bahkan jika perlu bawa saja skincare dan obat-obatan yang kebetulan sedang digunakan.

Pertanyaan #6: Apa jenis olahraga yang aman untuk saya lakukan?

Karena di awal kehamilan, kandungan masih sangat rentan jangan lupa konsultasikan aktivitas fisik dan olahraga yang akan kamu lakukan saat hamil ya!

Pertanyaan #7: Apakah normal kalau saya merasakan … (bisa diisi sesuai yang ibu rasakan saat ini, misalnya mual berlebih, stres, sulit tidur dan sebagainya) selama awal kehamilan? Apakah ada yang perlu saya khawatirkan soal perasaan … (isi sendiri) saya ini?

Banyak yang menganggap sepele tentang pola tidur yang berubah, mood swing, kecemasan dan lain-lain yang dialami di masa kehamilan. Padahal, dokter bisa memberikan saran yang sesuai jika memang dibutuhkan.

Pertanyaan #8: Apakah berhubungan suami istri aman dilakukan dalam masa kehamilan muda seperti ini? (Jangan malu tanyakan hal ini ya, dokter sudah sangat maklum kok!)

Pertanyaan #9: Apakah semua obat dan vitamin (jika sedang mengonsumsi sesuatu, katakan terus terang) yang saya konsumsi saat ini aman? Apa vitamin yang dokter anjurkan?

Ada banyak obat dan vitamin yang beredar di pasaran. Ada yang jelas mengklaim tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, ada pula yang tidak. Amannya, konsultasikan dengan dokter kandunganmu ya!

Pertanyaan #10: Bagaimana saya menghubungi dokter di luar jam check-up seperti ini?

Dokter yang baik biasanya akan memberikan opsi cara menghubunginya jikalau ada pertanyaan mendesak atau keadaan darurat yang terjadi padamu. Bahkan, ada yang nggak segan memberikan nomor pribadinya.

Malu bertanya sesat di jalan, ini mungkin pepatah paling sempurna untuk membantumu percaya diri saat menanyakan banyak hal dalam kunjungan pertamamu ke dokter kandungan. Nggak usah sungkan, kan ini demi kesehatanmu dan si jabang bayi juga. Plus, kamu konsultasinya sudah bayar kan, jadi puas-puaslah bertanya.

Baca Juga: