Memilih Mainan Edukasi untuk Balita Anda

Memilih Mainan Edukasi untuk Balita Anda

Mata anak-anak biasanya bersinar saat menyaksikan mainan—terutama di umur balita. Tampaknya ketertarikannya pada mainan ialah naluriah, mungkin sebab mainan dapat memenuhi keperluan anak dalam mengeksplorasi imajinasinya, melatihnya berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, tergolong belajar berbagi dengan rekan sebayanya.

Mainan tidak melulu menyenangkan, namun juga dapat menjadi perangkat yang berharga untuk menciptakan anak pintar dan menajamkan keterampilannya. Berikut merupakan 10 teknik dalam memilih mainan pendidikan untuk balita Anda.

Pilihlah mainan pendidikan untuk balita yang cocok dengan pertumbuhan usia anak Anda

jika terlalu modern untuknya, ia bakal merasa putus asa dengan tingkat kendala bermain, dan kesudahannya ia bakal meninggalkannya. Jika mainan tersebut untuk umur balita yang lebih muda, dia bakal merasa bosan.

Dalam memilih mainan pendidikan untuk balita antara umur 9 bulan dan 1 tahun, pertimbangkan kenyataan bahwa anak kita sudah lumayan usia dan cekatan untuk bermain, menikmati, memahami, menyerap, dan belajar dari mainan laksana susun kerucut, mainan dorong dan tarik, krayon besar, papan gambar, perangkat musik, ember, perlengkapan berkebun, sekop, dan balok susun.

Pilihkan mainan yang memerlukan imajinasi

mainan tanpa batas yang dapat dimainkan sesuai khayalan anak. Mainan ini seringkali lebih baik daripada mainan yang memakai baterai. Misalnya, boneka yang sejumlah anggota tubuhnya dapat digerakkan lebih baik daripada boneka yang dapat bersuara dengan daya baterai.

Bermain mainan yang menambah rasa percaya diri memungkinkan anak Anda guna menguji idenya mengenai dunia dan mengembangkan kreativitasnya. Penelitian pun menunjukkan bahwa ini pun mengembangkan bahasa dan rentang perhatian anak Anda.

Biarkan mainan si kecil tetap sederhana, menyenangkan, dan aman untuk pemakaian sehari-hari.

Sebagian besar mainan yang terdapat di pasaran paling menyenangkan, tetapi belum pasti aman guna dimainkan. Beberapa mainan yang kita beli barangkali berisi bahan beracun atau sisi yang tajam. Pada prakteknya, mainan pendidikan untuk balita Anda mesti positif dalam memperlancar perkembangan dan pertumbuhan anak.

Pilihkan mainan yang memungkinkan si kecil untuk mengerjakan sesuatu pada mainan tersebut

seperti menggerakkannya atau membentuknya. Mainan seperti tersebut akan meningkatkan kepintaran spasial dan kedalaman persepsi anak Anda. Ia pun akan belajar mengenai bentuk, warna, dan ukuran.

Dalam memilih mainan pendidikan untuk balita, mainan Montessori pun bagus untuk menambah kemandirian mereka—seperti puzzle tentang format geometri, kompor dan bak cuci piring, dan bahkan Cubetto Playset yang mengajarkan dasar pemrograman komputer pada balita Anda!

Sumber : http://www.chillpainai.com/redirect/?www.pelajaran.co.id