ETIKA PROFESI Teknologi Informatika

ETIKA PROFESI TekETIKA PROFESI Teknologi Informatikanologi Informatika

ETIKA PROFESI Teknologi Informatika

ETIKA PROFESI TekETIKA PROFESI Teknologi Informatikanologi Informatika
ETIKA PROFESI Teknologi Informatika

Pengertian etika yang diadopsi dari mata kuliah etika dan profesi teknik informatika oleh Dr.Budi Hermana adalah suatu Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Penilaian mengenai perbuatan baik dan perbuatan buruk itu sendiri dapat dinilai melalui beberapa cara bisa menurut ajaran agama, norma-norma yang berlaku, adat kebiasaan, faham-faham serta aliran yang memang sudah berkembang dari dulu dan masih dianut sampai sekarang. Sedangkan untuk profesi ada yang menyatakan bahwa profesi adalah jabatan seseorang walau profesi tersebut tidak bersifat komersil. Berbeda dengan profesi, profesionalisme biasanya dipahami sebagai suatu kualitas yang wajib dipunyai oleh setiap eksekutif yang baik.
Mengapa kita membutuhkan kode etik dalam profesi TI ini dikarenakan oleh berbagai hal. Hal yang paling sederhana tetapi yang paling penting untuk dijunjung oleh setiap profesional TI adalah memiliki rasa bangga pada pekerjaan ini dan ingin pekerjaan ini diberikan pengakuan dan rasa hormat serta melindungi pekerjaan kita ini. Disamping itu juga karena komputer memiliki potensi untuk menghasilkan manfaat yang positif maupun dampak yang negatif atau mempengaruhi kearah yang positif maupun negatif.
Secara umum perilaku etis yang diharapkan dari para profesional TI adalah bersikap jujur dan adil dalam memegang kerahasiaan, memelihara kompetensi profesi, memahami hukum yang terkait, menghargai dan melindungi kerahasiaan pribadi, menghargai hak milih dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan pihak lain.

Sumber : https://youtubers.id/mahjong-journey-apk/