Pemkot Ajak Mahasiswa Perkuat UMKM Perikanan

Pemkot Ajak Mahasiswa Perkuat UMKM Perikanan

Pemkot Ajak Mahasiswa Perkuat UMKM Perikanan

Pemkot Ajak Mahasiswa Perkuat UMKM Perikanan
Pemkot Ajak Mahasiswa Perkuat UMKM Perikanan

Pemerintah Kota Bekasi mengajak mahasiswa program studi manajemen dan akutansi Universitas Islam 45

(Unisma) Bekasi untuk memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya bidang perikanan agar mampu bersaing di era industri 4.0.

”Sejumlah generasi muda seperti mahasiswa yang ada saat ini harus memberikan dukungan kepada UMKM agar bisa memperkuat usahanya dalam kondisi apapun,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bekasi, Abdillah Hamta.

Hal itu dikatakan Abdillah saat mengisi materi seminar kewirausahaan bertajuk ”

Pemberdayaan UMKM Dalam Meningkatkan Perekonomian di Kota Bekasi” di Gedung Pasca Sarjana Lantai 3 Unisma Bekasi, Rabu (13/11). Seminar tersebut diikuti 155 mahasiswa dan 20 pelaku UMKM bidang perikanan.

Lebih lanjut, Abdillah menyampaikan, UMKM bidang perikanan perlu dikembangkan karena memiliki potensi pasar yang sangat besar di Indonesia, khususnya Kota Bekasi.

”Karena kita perlu tahu usaha bidang perikanan ini sangat memiliki peluang yang cukup besar,” tukasnya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi Wadi Rimal mengatakan,

Jawa Barat merupakan sentral ikan hias di Indonesia. Kota dan Kabupaten Bekasi merupakan wilayah penyumbang terbesar ikan hias.

Menurutnya, pangsa pasar ekspor ikan hias sangat menjanjikan. Bahkan, Indonesia menempati posisi kelima negara pengekspor ikan hias terbesar, Kota Bekasi merupakan salah satu produsennya.

Menurutnya, budidaya ikan hias di Kota Bekasi sangat terbatas karena alihfungsi lahan. Oleh karena itu, penguatan UMKM bidang perikanan mesti dilakukan.

”Maka dari itu penguatan harus terus diupayakan untuk UMKM yang ada dibidang perikanan Kota Bekasi,” ujar Wadi.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/