Mengatasi Warning Error di Timezone PHP

Mengatasi Warning Error di Timezone PHP

Mengatasi Warning Error di Timezone PHP

Mengatasi Warning Error di Timezone PHP
Mengatasi Warning Error di Timezone PHP

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang masalah (warning error) yang muncul pada konfigurasi PHP. Disini, saya juga memberikan contoh-contoh warning error berikut beserta penyebab dan solusinya. Akhir-akhir ini banyak ditemukan adanya sistem error yang sering muncul ketika kita (user) mengoperasikan suatu program, atau dalam kasus ini yaitu PHP (Personal Home Page).

Warning: date_default_timezone_get [function.date-default-timezone-get]: It is not safe to rely on the system’s timezone settings. You are *required* to use the date.timezone setting or the date_default_timezone_set function. In case you used any of those methods and you are still getting this warning, you most likely misspelled the timezone identifier. We selected …

Apa penyebabnya? dan Bagaimana solusi untuk menghilangkan Warning tersebut?
Peringatan di atas muncul karena diaktifkannya E_STRICT dan E_NOTICE dalam konfigurasi PHP.. Pesan di atas mengingatkan anda untuk membuat script PHP yang di dalamnya menggunakan function date, Anda harus menyertakan perintah date_default_timezone_set dalam script tersebut sebelum function date muncul, supaya warning tersebut tidak muncul.
Lalu bagaimana jika suatu ketika, kita sudah telanjur membuat banyak script, misalkan ratusan, dalam sebuah folder di mana kesemuanya menggunakan perintah date di dalamnya. Apakah kita juga harus mengedit semua script tersebut untuk menambahkan perintah date_default_timezone_set??
Langkah-langkah yang harus dilakukan
1. Membuat sebuah file.htaccess yang berisi perintah berikut ini
php_value date.timezone Asia/Jakarta
2. Gunakan Notepad atau Notepad++ atau Text Editor lain utuk euat file .htaccess
3. Tulis perintah diatas php_value date.timezone Asia/Jakarta
4. File .htaccess tersebut cukup diletakkan di dalam folder script PHP anda atau di root direktory web.
5. Simpan file dengan nama .htaccess (jangan lupa tanda titik “.” didepannya) save as type diubah mejadi all files.
6. Maka hilanglah semua warning tersebut.

Selain penjelasan diatas, saya juga memberikan contoh warning error yang sering muncul dan menjadi kendala bagi anda untuk mengatasinya.

Berikut Contoh, Penyebab beserta Solusi mengatasinya :

1. Bunyi Error:

1.Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not
2.a valid MySQL result resource in ….

atau

1.Warning: mysql_num_rows(): supplied argument is not
2.a valid MySQL result resource in …
Penyebab:
Error di atas disebabkan ada query SQL yang salah. Bisa jadi karena sintaks perintah query SQL nya salah, misalnya kurang tanda petik untuk menyatakan string dll. Selain itu bisa juga terjadi karena nama field dan tabel yang salah penulisannya.
Solusi:
Coba cek kembali statement query SQL Anda. Pastikan tidak ada lagi kesalahan dalam penulisannya. Untuk proses debugging query SQL (mengetahui letak kesalahannya), Anda bisa menambahkan statement die(mysql_error()) pada perintah mysql_query() nya.
Contoh:

1.$query = “…..”;
2.mysql_query($query) or die(mysql_error());
3..
4..

Baca Juga :