Cara Main Game Pakai Google Assistant, dari Kuis hingga Trivia

Cara Main Game Pakai Google Assistant, dari Kuis hingga Trivia

Cara Main Game Pakai Google Assistant, dari Kuis hingga Trivia

 

Cara Main Game Pakai Google Assistant, dari Kuis hingga Trivia
Cara Main Game Pakai Google Assistant, dari Kuis hingga Trivia

Google Assistant, asisten virtual Google berbasis kecerdasan buatan (AI) di gawai, tak sekadar mendukung produktivitas, tetapi juga menawarkan unsur hiburan khususnya gaming.

Main game dengan Google Assistant cukup menyenangkan dan praktis lantaran interaksinya menggunakan suara. Artinya, tak perlu aksi menyentuh layar atau mengetikkan sesuatu di keyboard virtual gawai.

Sebelum main game pakai Google Assistant perlu diketahui bahwa asisten virtual ini membutuhkan minimum spesifikasi pada gawai. Sebagaimana dijelaskan Google melalui laman Google Support dikutip Rabu (18/12/2019), berikut spesifikasinya:

Gawai Android

Android 5.0+ dengan kapasitas RAM setidaknya 1GB
Android 6.0+ dengan kapasitas RAM setidaknya 1,5GB
Aplikasi Google versi 6.13 atau yang lebih tinggi
Terinstal aplikasi Google Play Service
Resolusi layar 720p atau lebih tinggi
Perangkat mendukung bahasa yang didukung oleh Google Assistant*

Gawai Apple

iPhone atau iPad dengan iOS 10 atau yang lebih tinggi
Perangkat mendukung bahasa yang didukung oleh Google Assistant
Terinstal aplikasi Google Assistant*

*Google Assistant telah mendukung banyak bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Sebelum bermain game, pemilik perangkat wajib melakukan setelan Google Assistant di gawainya terkait pengenalan suara. Masuk ke aplikasi Google lalu pilih Setting kemudian Voice.

Setelan ini dimaksudkan agar gawai mengenal suara pemiliknya dan menyimpannya secara default. Sebab, untuk mengaktifkan Google Assistant di gawai rata-rata perintahnya sama, yaitu “Hey Google” atau “Ok Google”.

Apabila tak disetel atau disimpan terlebih dahulu, bisa saja Google Assistant akan diaktifkan oleh perintah suara orang lain.

Baca juga: Cara Aktifkan Fitur Bacakan Berita di Google Assistant

Melansir laman Google Assistant, berikut daftar game yang bisa dimainkan dengan Google Assistant dalam bahasa Indonesia:

1. Empat Kata

Game Empat Kata akan mendengarkan empat kata dan menggabungkannya. Mengubah urutan kata akan memberikan 24 kombinasi. Aplikasi akan menjawab semuanya dengan berbagai prosodi.

Saat aplikasi memberikan jawaban, BGM (background music) akan dimainkan hingga 2 menit. Ada 74 jenis BGM, dan itu dipilih secara acak. Jika mengatakan kata kunci tersembunyi dalam jawaban, musik lucu akan dimainkan.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan empat kata”, “Ngomong sama empat kata”, “Aku mau bicara sama empat kata”, “Bicara dengan empat kata untuk Bawang”, “Bicara dengan empat kata tentang Labu”.

2. Tebak Gambar

Permainan tebak gambar merupakan permainan asah otak ringan. Kumpulan gambar disusun sedemikian rupa sehingga bisa menimbulkan sebuah kosakata baru yang diadaptasi dari istilah sehari-hari, ungkapan lucu, ataupun berupa isu dan peristiwa yang sedang terjadi.

Game ini sangat kreatif dan unik dalam menguji otak untuk bisa menemukan jawaban dari setiap soal yang ditampilkan.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan Tebak Gambar”.

3. Mobile Legends

Mobile Legends akan membantu meningkatkan gaming skill pengguna. Mereka bisa menemukan panduan hero Mobile Legends dengan cepat dalam aplikasi ini.

Perintah ke Google Assistant: “Bertanya kepada Mobile Legends”, “Bicara dengan Mobile Legends”, “Bicara pada Mobile Legends”, “Saya mau ngomong dengan Mobile Legends”, “Ngomong sama Mobile Legends”, “Saya ingin berbicara dengan Mobile Legends”.

Baca juga: Cara Mencari Lokasi Masjid Terdekat Melalui Google Assistant

4. 17-an Prambors

Prambors mengajak Kawula Muda–sebutan pendengar setia Radio Prambors–untuk turut memeriahkan perayaan tujuh belasan dengan permainan trivia seputar sejarah hari kemerdekaan Indonesia.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan 17-an Prambors”, “Ngomong sama 17-an Prambors”, “Ngobrol sama

17-an Prambors”, “Bertanya kepada 17-an Prambors”.

5. Sepak Bola Menyenangkan

Game Sepak Bola Menyenangkan akan memberitahu fakta-fakta menyenangkan tentang permainan sepak bola.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan sepak bola menyenangkan”.

6. Warna Pelangiku Trivia

Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Tebak warna warna itu dari pertanyaan yang ada di permainan ini.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan Warna pelangiku trivia”.

7. DC Trivia

DC Trivia adalah game kuis untuk penggemar DC yang yang mengklaim dirinya pakar tentang DC Universe. Game ini berisi setiap jenis pertanyaan yang terkait dengan DC Universe.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan DC Trivia”.

Baca juga: Cara Membuat Pengingat di Ponsel Android Pakai Google Assistant

8. Trik Seru

Ceriakan hari dengan canda dan trik seru, selalu ada yang baru untuk dicoba.

Perintah ke Google Assistant: “Ayo nyanyi buat aku”, “Apa yang aku pikirkan sekarang?”, “Minta nomor acak”, “Lempar dadu”, “Ulangi kata-kataku: aku adalah assistant terbaik”, “Lempar D20”, “Carikan aku meme lucu”, “Main beatbox”, “Hitung dari 1 sampai 10”, “Kasih lelucon dong”.

9. Kumpulan Lelucon Garing

Lelucon garing susah dijelaskan. Ada lucunya, ada kurang lucunya, satu-satunya syaratnya adalah humor ini tidak bikin pendengarnya ketawa, tapi bikin mereka geregetan.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan Kumpulan Lelucon Garing”.

10. Jamu Indonesia Kuis

Kuis ini menyediakan berbagai pertanyaan tentang aneka jamu tradisional di Indonesia.

Perintah ke Google Assistant: “Bicara dengan Jamu Indonesia Kuis”.

Google Assistant menyediakan banyak game, kuis, dan trivia selain yang telah disebutkan dalam daftar di atas. Untuk melihat daftarnya bisa masuk ke aplikasi Google Assistant kemudian ketuk menu Explore.

Untuk mulai bermain game dengan Google Assistant, akses terlebih dahulu asisten virtual Google ini dengan masuk ke aplikasi atau ucapkan “Hey Google” atau “Ok Google” lalu tanyakan ke asisten seturut perintah.

Jika ingin bermain game Tebak Gambar, maka ucapkan “Bicara dengan Tebak Gambar” dan Google Assistant akan memuat game itu lalu permainan bisa segera dimulai.

Sumber:

https://student.blog.dinus.ac.id/handay/seva-mobil-bekas/