Ruang Lingkup Ilmu Akhlak

Ruang Lingkup Ilmu Akhlak

Ruang Lingkup Ilmu Akhlak

Ruang Lingkup Ilmu Akhlak

  1. Membahas tentang perbuatan-perbuatan manusia, kemudian menetapkannya apakah perbuatan itu tergolong baik ataupun buruk.
  2. Membahas tentang upaya mengenal tingkah laku manusia, kemudian memberikan nilai atau hukum kepada perbuatan tersebut, yaitu apakah perbuatan tergolong baik atau buruk.

Membahas tentang akhlak  atau perbuatan yang dilakukan ataskehendak dan kemauan sebenarnya dan yang telah menjadi sebuah kebiasaan.

  1. Ruang Lingkup Pembahasan Ilmu Akhlak

Pokok-pokok masalah yang dibahas dalam ilmu akhlak pada intinya adalah perbuatan manusia. Perbuatan tersebut selanjutnya ditentukan kriterianya apakah baik atau buruk. Dengan demikian obyek pembahasan ilmu Akhlak berkaitan dengan norma atau penilaian terhadap suatu perbuatan yang dilakukan oleh seseorang.

Pokok-pokok masalah yang dibahas dalam ilmu akhlak pada intinya adalah perbuatan manusia. Perbuatan tersebut selanjutnya ditentukan kriterianya, apakah baik atau buruk. Dalam hubungan ini menurut Ahmad Amin mengatakan bahwa obyek ilmu akhlak adalah membahas perbuatan manusia yang selanjutnya perbuatan tersebut ditentukan baik atau buruk.

Dalam masyarakat Barat kata akhlak sering diidentikkan dengan etika, walaupun pengidentikan ini tidak sepenuhnya tepat sebagaimana akan dijelaskan dibawah nanti. Mereka yang mengidentikkan akhlak dengan etika mengatakan bahwa etika adalah penyelidikan tentang tingkah laku dan sifat manusia. Namun perlu ditegaskan kembali di sini bahwa yang dijadikan obyek kajian Ilmu Akhlak disini adalah perbuatan yang memiliki ciri-ciri sebagaimana disebutkan di atas, yaitu perbuatan yang dilakukan atas kehendak dan kamauan, sebenarnya, mendarah daging dan telah dilakukan secara kontinyu atau terus-menerus sehingga mentradisi dalam kehidupannya. Perbuatan atau tingkah-laku yang tidak memiliki ciri-ciri tersebut tidak dapat disebut sebagai perbuatan yang dijadikan garapan Ilmu Akhlak.

Dengan memperhatikan keterangan tersebut di atas serta keterangan dalam Buku karangan Prof. H. Abuddin Nata, M.A, maka, dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan Ilmu Akhlak adalah ilmu yang mengkaji suatu perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang dalam keadaan sadar, kemauan sendiri, tidak terpaksa dan sungguh-sungguh atau sebenarnya, bukan perbuatan yang pura-pura. Perbuatan-perbuatan yang demikian selanjutnya diberi nilai baik atau buruk. Untuk menilai apakah perbuatan itu baik atau buruk diperlukan pula tolok ukur, yaitu atau buruk menurut siapa, dan apa ukuranya merupakan topok tersendiri yang akan kita kaji dalam bab selanjutnya dalam buku ini.

  1. Manfaat Mempelajari Ilmu Akhlak

Berkenaan dengan mempelajari ilmu akhlak Ahmad Amin mengatakan sebagai berikut :

“Tujuan mempelajari ilmu akhlak dan permasalahannya menyebabkan kita dapat menetapkan sebagian perbuatan lainnya sebagai yang bai dan sebagian perbuatan lain sebagai yang buruk. Bersikap adil termasuk baik, sedangkan berbuatan zalim termasuk perbuatan buruk, membayar utang adalah perbuatan baik, sedangkan mengingkari utang termasuk perbuatan buruk”.

Keterangan tersebut memberi petunjuk bahwa tujuan perbuatan baik akhlak adalah untuk membersihkan kalbu dari kotoran-kotoran hawa nafsu dan amarah sehingga hati menjadi suci bersih, bagaikan cermin yang dapat menerima Nur cahaya Tuhan. Selanjutnya, karena Ilmu Akhlak menentukan kriteria perbuatan yang baik dan yang buruk, serta perbuatan apa saja yang termasuk perbuatan yang baik dan yang buruk itu, dan selanjutnya ia akan banyak mengetahui perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk. Dengan mengetahui yang baik ia akan terdorong untuk melakukannya dan mendapatkan manfaat dan keuntungan darinya, sedangkan dengan mengetahui yang buruk ia akan terdorong untuk meninggalkannya dan ia akan terhindar dari bahaya yang menyesatkan. Jika tujuan Ilmu Akhlak tersebut dapat tercapai, maka manusia akan memiliki kebersihan batin yang pada gilirannya melahirkan perbuatan yang terpuji. Dari perbuatan yang terpuji ini akan lahirlah keadaan masyarakat yang damai, harmonis rukun, sejahtera lahir dan batin, yang memungkinkan ia dapat beraktivitas guna mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan kebahagian hidup di akhirat.

Dengan demikian, untuk mengetahui akhlak yang buruk serta bahaya-bahya yang akan ditimbulkan darinya, menyebabkan orang enggan untuk melakukanny adan berusaha menjauhinya. Orang yang demikian pada akhirnya akan terhindar dari berbagai perbuatan yang dapat membahayakan dirinya. Dan secara ringkas dapat dikatakan bahwa Ilmu Akhlak bertujuan untuk memberikan pedoman atau penerangan bagi manusia dalam mengetahui perbuatan yang baik atau yang buruk. Terhadap perbutan yang baik ia berusaha melakukannya, dan terhadap perbuatan yang buruk ia berusaha untuk menghindarinya.


Sumber: https://youtubers.id/wash-pets-apk/