Pengertian Makalah adalah

Pengertian Makalah adalah

Pengertian Makalah adalah

Pengertian Makalah adalah

Pengertian Makalah adalah merupakan naskah yang sistematik dan utuh yang berupa garis-garis besar (outlines) mengenai suatu masalah, dan ditulis dengan pendekatan satu atau lebih disiplin keilmuan tertentu, baik itu menguraikan pendapat, gagasan maupun pembahasan dalam rangka pemecahan masalah tersebut.

Paper, adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan para akademisi (mahasiswa) dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3)

Artikel ilmiah, adalah sebutan khusus untuk makalah yang mengalami variasi dan adaptasi tertentu, yang dipublikasikan melalui suatu jurnal ilmiah atau penerbitan khusus lain, tanpa meninggalkan prinsip dari struktur, format, sistematika dan isi makalah ilmiah.

Manfaat Pembuatan Makalah

  1. Belajar memahami masalah dan mencari solusinya
  2. Menerapkan ilmu pengetahuan yang dipelajari untuk diimplentasikan di lapang
  3. Membuka pikiran untuk memahami permasalahan di lapang
  4. Sebagai latihan sebelum membuat tugas skripsi.
  5. Memahami cara-cara penulisan makalah dengan benar

Selain manfaat diatas, pembuatan sebuah makalah juga bermanfaat untuk merangkum materi-materi dari berbagai sumber dalam bentuk tulisan.

Format dasar dan umum dari makalah dengan sistematika pokok, diantaranya meliptui:

  • Judul
  • Pendahuluan/Latar Belakang Masalah
  • Permasalahan/ Rumusan Masalah
  • Kajian Teori
  • Pembahasan
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Penutup
  • Daftar Pustaka

Satu hal yang sangat penting untuk selalu diingat ialah: segeralah menulis di saat permasalahan ditemukan. Kalau permasalahan tersebut tidak segera ditulis akibatnya akan semakin kabur dan lama-lama hilang. Akhirya kegiatan menulis karya ilmiah menjadi terkatung-katung lagi. Alangkah baiknya menginventarisir banyak permasalahan. Dari inventarisasi itu, pilihlah satu atau dua yang memiliki daya tarik paling kuat, kemudian kembangkan dua atau tiga buah topik yang bisa dibahas menjadi sebuah tulisan ilmiah.

Kalau topiknya telah dirumuskan, maka bangunlah kisi-kisi (outline) pembahasannya untuk masing-masing topik. Dari kisi-kisi itu akan kita lahirkan secara detail pembahasan yang bisa mengikuti pendekatan ilmiah seperti yang telah kita kemukakan di muka. Dalam membangun kisi-kisi itu harus memperhatikan alur pikir dan logika yang runtut dan sistematis. Jangan sampai memiliki outline yang logikanya melompat-lompat, apalagi jungkir balik.


Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/