Ulasan: Q Acoustics 3030i mengambil salah satu pengeras anggaran favorit saya dan menambahkan bass

Ulasan Q Acoustics 3030i mengambil salah satu pengeras anggaran favorit saya dan menambahkan bass

Ulasan: Q Acoustics 3030i mengambil salah satu pengeras anggaran favorit saya dan menambahkan bass

 

Ulasan Q Acoustics 3030i mengambil salah satu pengeras anggaran favorit saya dan menambahkan bass
Ulasan Q Acoustics 3030i mengambil salah satu pengeras anggaran favorit saya dan menambahkan bass

Q Akustik 3020i telah menjadi salah satu top rekomendasi rak buku speaker saya di bawah $ 500 karena saya r eview ed mereka tahun lalu. Mereka menandai sebagian besar kotak yang bisa Anda tanyakan dari speaker kompak yang terjangkau, termasuk desain berkelas, kualitas bangunan yang solid, dan yang terpenting: suara yang bagus.

Tetapi seperti halnya speaker rak buku yang ringkas dengan woofer 5 inci, 3020i memiliki batas di bagian bass dan power. Jadi Q Acoustics mengambil 3020i dan menggantikannya ke 3030i baru , menampilkan woofer 6,5 inci dan kabinet yang lebih besar. Harga tetap nyaman dijangkau bagi sebagian besar penggemar audio di $ 400.

Tentu saja, karena menggali lebih dalam ke bass – Q Acoustics mengklaim 46 Hz – sepertinya akan menghasilkan keseimbangan yang lebih baik antara ukuran dan low-end bagi banyak pengguna yang tidak ingin memilih menara yang lebih besar.

Bahkan, 3030i mungkin terlihat sangat mirip dengan 3020i, tetapi meminjam lebih banyak dari saudara menara, 3050i. Q Acoustics mengatakan ini didasarkan pada woofer baru dari desain yang digunakan pada model menara, tetapi menggunakan motor ‘yang dioptimalkan’ untuk mencapai harga rendah secara mengejutkan untuk standmount anggaran tanpa mengorbankan terlalu banyak efisiensi.

Sepanjang halaman produk Q Acoustics, Anda juga akan melihat banyak pembicaraan tentang menghilangkan resonansi, yang tampaknya menjadi titik kebanggaan khusus bagi perusahaan.

Lemari speaker beresonansi dapat memiliki dampak buruk pada suara, karena mereka mewarnai semua musik yang Anda mainkan melalui speaker. Anda ingin resonansi ketika memainkan gitar, tetapi pada speaker, mereka biasanya hanya memberi tahu Anda bahwa Anda mendengarkan sepasang kotak daripada musik langsung.

Beberapa perusahaan mencoba merangkul resonansi, tetapi Q Acoustics berusaha keras untuk menghilangkannya. Dengan menggunakan teknik-teknik canggih seperti Finite Element Analysis dan Laser Interferometry, perusahaan mampu menentukan dengan tepat resonansi dan menerapkan bracing di lokasi tertentu yang paling efektif dalam menghilangkan resonansi berbahaya.

Apa yang saya dengar
Semua ini diterjemahkan menjadi pembicara yang memungkiri penetapan harga anggaran mereka. Seperti biasa, saya menulis sebagian besar catatan mendengarkan saya sebelum melakukan pengukuran untuk membandingkan apa yang saya dengar dengan data.

Dibandingkan dengan 3020i, 3030i hanya terasa seperti “lebih.” Lebih banyak bass, lebih banyak dinamika, panggung suara yang lebih realistis. Mereka terdengar lebih besar dari yang Anda harapkan dari apa yang masih merupakan speaker yang cukup kompak. Ilusi ini dibantu secara visual oleh fakta bahwa speaker memiliki jejak visual kecil, memilih kabinet yang lebih dalam daripada yang tinggi dan lebar.

Bass adalah kejutan yang sangat menyenangkan, mencapai cukup dalam sehingga saya tidak menemukan diri saya kehilangan subwoofer saya seperti yang diharapkan. Saya menjaga speaker sekitar satu atau dua kaki dari dinding di belakang mereka dan menemukan mereka seimbang dengan baik pada jarak itu. Jarak tempuh Anda dapat bervariasi tergantung pada akustik kamar Anda, tetapi Q Acoustics termasuk busa untuk menutupi port speaker jika Anda menemukan bass sedikit terlalu booming.

Seperti halnya 3020i, saya menemukan bagian tengah speaker menjadi menyenangkan dengan sedikit santai. Jika Anda tipe orang yang suka di muka, dalam jenis suara wajah Anda, 3030i mungkin tidak cocok untuk Anda, tetapi saya curiga sebagian besar orang akan menganggap penyetelan 3030i itu menyenangkan.

Yang tertinggi tampak seimbang tepat di telinga saya – tidak pernah terlalu keras, dan dengan presentasi detail saya pikir setara dengan speaker yang lebih mahal. 3030i tampaknya memiliki kinerja yang cukup baik dalam menyajikan detail pada volume rendah juga, yang merupakan kualitas yang saya hargai karena saya melakukan sebagian besar mendengarkan saya pada volume yang tidak mengganggu tetangga saya.

Q Acoustics mengatakan itu ‘memisahkan tweeter’ dari sisa kabinet untuk meminimalkan getaran yang menyimpang. Saya tidak dapat mengukur seberapa efektif perawatan ini, tetapi secara subyektif, pembicara mengejutkan saya dengan tingkat kerinciannya.

Dalam hal penyajian spasial mereka, 3030i adalah tipe speaker yang memiliki soundstage yang luas dan luas dengan sweetspot yang cukup luas, tetapi lebih bertujuan untuk menyelubungi lebih dari presisi pin-point. Daripada membawa Anda ke ruang rekaman seperti yang cenderung dilakukan oleh pengeras suara dengan pengarahan yang lebih sempit, 3030i tampaknya mengundang musisi ke rumah Anda.

Gaya mana yang lebih baik sebagian besar adalah masalah preferensi, tetapi sekali lagi, ukuran panggung suara mereka memungkiri ukuran mereka, dibantu oleh dinamika yang mengesankan yang jelas merupakan kedudukan di atas pendahulunya. Saya pribadi menganggap presentasi ini lebih realistis daripada speaker dengan baris depan, pencitraan pin-point aktif, tetapi ini juga dapat bervariasi dengan merekam.

Seperti biasa, Anda dapat memengaruhi soundstage pembicara dengan mengarahkan speaker ke depan atau lurus pada posisi mendengarkan Anda – Saya menemukan 3020i terdengar terbaik di antara keduanya, sekitar 15 derajat di luar sumbu.

Saya merasa 3030i adalah speaker dengan tuning sebagian besar netral, sedikit santai yang terdengar bagus dengan semua yang saya lemparkan.

Apa kata data
Kinerja 3030i juga terlihat jelas dalam pengukurannya. Menggunakan teknik yang memungkinkan saya untuk menghapus pantulan ruang dari pengukuran saya, saya dapat memperkirakan suara “benar” pembicara tanpa pengaruh kamar saya.

Di bawah ini adalah grafik yang secara sehari-hari disebut ‘spinorama,’ disebut karena melibatkan memutar speaker untuk menangkap suaranya di sejumlah sudut horizontal dan vertikal – total 70. Spinorama menyaring semua data menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna, memberi kami gambaran terperinci tentang kinerja pembicara.

Q Acoustics 3030i Spinorama, diukur dari tweeter. Sebagian besar pengukuran terpotong di bawah 200Hz karena

keterbatasan dalam teknik pengukuran saya.
Penjelasan tentang bagaimana menafsirkan grafik ini disediakan di Speaker Data 2034 dan Audioholics , tetapi di sini ada kebenaran umum yang harus Anda ketahui:

Kurva On-Axis dan Listening Window harus relatif datar. Mereka mewakili suara ‘langsung’ dari pembicara sebelum refleksi. On-Axis diukur dengan pengeras suara yang diarahkan langsung ke mikrofon, sedangkan Jendela Pendengaran adalah rata-rata beberapa sudut untuk menjelaskan fakta bahwa kebanyakan orang tidak duduk diam atau terpusat. Ini memiliki dampak terbesar pada persepsi kita tentang timbre.
Kurva Refleksi Awal rata-rata berbagai sudut untuk memperkirakan memantul pertama dari dinding, lantai, dan langit-langit untuk mencapai telinga Anda. Refleksi ini, yang sebagian besar di belahan bumi depan, secara signifikan mempengaruhi timbre juga. Kami ingin kurva ER dimiringkan tetapi sebaliknya cukup mirip dengan respons Jendela Mendengarkan. Kurva ini juga paling baik memprediksi respons akhir di dalam kamar.
Kurva Kekuatan Suara mewakili rata-rata suara pembicara di semua arah, tetapi tidak berguna seperti kurva ER untuk speaker yang sebagian besar memancarkan suara ke depan.
Kurva Directivity Index dan Early Reflections DI memberi tahu kami betapa miripnya suara off-axis dengan suara langsung. Ini dihitung dengan mengurangi kurva Kekuatan Suara dan Refleksi Awal dari Jendela Pendengaran. Kurva DI halus menunjukkan sumbu off dan direct mirip, yang menjadi pertanda baik untuk soundstage.
Benjolan yang bertahan baik pada bunyi langsung maupun tidak aktif menunjukkan resonansi yang dapat didengar. Resonansi mengingatkan Anda bahwa Anda mendengarkan kotak karena semuanya berwarna sama.
Untuk nerd pembicara, galeri di bawah ini mencakup lebih banyak data, termasuk rincian lebih rinci dari directivity horisontal dan vertikal.

Secara keseluruhan, saya pikir 3030i memasang kinerja yang mengagumkan untuk harganya. Suara langsung agak bergerigi, tetapi bentuk keseluruhan kurva menunjukkan sebagian besar suara netral, dengan beberapa anomali kecil. Tampaknya ada resonansi sekitar 1.200 Hz, tetapi jika tidak, pembicara tampaknya mengendalikan anomali seperti itu dengan baik dengan kabinet anggaran.

Perilaku horizontal off-axis juga mengesankan, mengingat desain tidak memiliki pandu gelombang besar untuk memastikan transisi yang mulus antara woofer dan tweeter. Sementara Waveguides besar sering mempersempit soundstage; Q Acoustics tampaknya lebih suka membidik keseluruhan sumbu lebar menggunakan waveguide sangat kecil sebagai gantinya. Perhatikan directivity horisontal lebar dan terkendali dengan baik hingga sekitar 7 kHz.

Seperti kebanyakan speaker, itu adalah bagian vertikal yang tampaknya menjadi kelemahan terbesar pembicara, jadi pastikan untuk menyelaraskan ini pada ketinggian yang tepat, dengan tweeter di tingkat telinga.

Sebagai konsekuensi dari respons vertikal, kita melihat sedikit sendok di daerah crossover spinorama, di mana woofer mentransfer suaranya ke tweeter, tetapi tidak berlebihan seperti yang pernah saya lihat pada model lain yang serupa. desain; pada kenyataannya, tampaknya kurang substansial daripada yang ada di 3020i yang lebih kecil.

Yang mengatakan, pengukuran menunjukkan wilayah keberadaan dari 4 kHz ke 6 kHz mungkin terdengar sedikit

cerah, meskipun saya tidak menemukan ini menjadi kasus dalam mendengarkan saya. Dalam kasus apa pun, saya biasanya rela berkorban dalam bunyi off-axis untuk soundstage yang lebih luas.

Terakhir, Anda juga dapat melihat ekstensi bass solid pembicara di sini; Q Acoustics mengklaim -6dB pada 46Hz tampaknya jujur. Di ruangan tipikal, yang akan memperkuat bass, Anda juga harus mendapatkan jumlah sub-bass yang cukup.

3030i tidak sempurna, tetapi ini adalah speaker $ 400 – Saya telah melihat speaker yang jauh lebih mahal yang ukurannya lebih buruk. Saya sudah berpikir 3030i adalah pemain hebat untuk harga, tetapi 3030i terdengar dan lebih baik – bahkan sebelum Anda memasukkan bass ekstra.

Penampil kuat lainnya dari Q Acoustics

Q Acoustics tampaknya telah melakukan apa yang ingin dilakukan dengan 3030i – ia menciptakan versi 3020i yang lebih besar dan lebih baik, atau sebagai alternatif, versi menara yang lebih kecil. 3030i meningkatkan respons frekuensi saudara kandungnya yang lebih kecil, menambahkan lebih banyak bass, menjaga penampilan berkelas, dan dihargai dengan $ 400 yang sangat wajar. Apa yang tidak disukai?

3030i tersedia langsung dari Q Acoustics seharga $ 400 . Perusahaan saat ini tidak mengirim unit karena COVID-19, tetapi menerima pesanan di muka untuk dikirim segera setelah gudangnya dibuka kembali.

Baca Juga: