Pengertian dan manfaat membaca

Pengertian dan manfaat membaca

Pengertian dan manfaat membacaPengertian dan manfaat membaca

Sudahkan anda membaca hari ini? apa yang anda baca dan apa yang anda dapatkan dari kegiatan membaca yang anda lakukan? Jika anda membaca dengan benar, akan banyak hal yang dapat anda peroleh. Sebaliknya, membaca yang hanya sekedar menyuarakan lambang-lambang tertulis tanpa memahami artinya tidak akan memperoleh banyak manfaat. Menyuarakan lambang-lambang bunyi tanpa memahaminya memang sudah dapat dimasukan dalam kegiatan membaca, namun membaca seperti itu biasanya dilakukan anak-anak yang sedang belajar. Jadi, bagi yang sudah dapat membaca tentu saja membaca bukan sekedar menyuarakan lambang-lambang bunyi.

Menurut Tarigan (1983:7)

membaca adalah proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melului media kata-kata atau bahasa tulis. Jadi dalam membaca terdapat suatu upaya untuk memperoleh pesan yang ada dalam tulisan. Hal ini juga sesuai dengan pendapat Harjasujana (1985:3) yang menyatakan bahwa membaca merupakan kegiatan merespon lambang-lambang tertulis dengan menggunakan pengertian yang tepat. Hal ini juga menunjukkan bahwa dalam membaca perlu memahami isi bacaan.
Adapun

menurut Kridalaksana (1993:135),

membaca adalah keterampilan mengenal dan memahami tulisan dalam bentuk urutan lambang-lambang grafis dan perubahannya menjadi wicara bermakna dalam bentuk pemahaman diam-diam atau pengujaran keras-keras. Berdasarkan definisi tersebut dapat diketahui bahwa dalam membaca kita perlu memahami tulisan. Selain itu, kita juga dapat mengetahui bahwa membaca dapat dilakukan dengan bersuara dan tidak bersuara. Menurut Dechant dalam Zuchdi (2007:21), membaca adalah proses pemberian makna terhadap tulisan, sesuai dengan maksud penulis. Definisi ini juga menunjukkan bahwa membaca dilakukan untuk menangkap makna yang disampaikan penulisnya. Berarti hal ini juga senada dengan definisi-dfinisi membaca yang telah dikemukakan beberapa ahli diatas. Definisi diatas juga sesuai dengan definisi membaca yang dikemukakan oleh beberapa ahli lainnya. Misalnya Smith dalam Abadi, yang menyatakan bahwa membaca merupakan suatu proses membangun pemahaman dari teks tertulis. Adapun Ahuja dalam Abadi, menyatakan bahwa proses membaca juga meliputi identifikasi simbol-simbol bunyi dan mengumpulkan makna melalui simbol-simbol tersebut.

Berdasarkan definisi beberapa ahli diatas, dapat kita ketahui bahwa membaca tidak hanya melibatkan mata, namun lebih pada pemahaman bacaan. Jadi, seorang yang tidak dapat melihatpun dikatakan dapat membaca jika ia mampu memahami tulisan. Misalnya, tulisan yang menggunakan huruf Braille. Untuk memahami bacaan diperlukan konsentrasi. Kita harus memusatkan konsentrasi pada bacaan selama proses membaca. Dengan cara demikian kita akan dapat memperoleh manfaat dari membaca.

Nah, itulah definisi membaca yang dapat saya sajikan pada posting kali ini, jangan lupa untuk mengingat kembali apakah selama ini pembaca sudah berusaha menangkap makna dalam setiap tulisan yang dibaca, ataukah baru sekedar mencermati huruf-huruf yang merangkai kalimat dalam tulisan?


Baca juga: