Nilai-Nilai Demokrasi

Table of Contents

Nilai-Nilai Demokrasi

          Demokrasi, merupakan sesuatu yang dianggap penting karena nilai-nilai yang dikandungnya sangat di perlukan sebagai acuan untuk menata kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Demokrasi disini sebagai alat yang dapat digunakan untuk mewujudkan kebaikan bersama, atau masyarakat dan pemerintahan yang baik (good society dan good goverment).

          Penting nya demokrasi di gambarkan  Samuel P. Huntington ( Gunawan, 1997:3) bahwa kecendrungan politik yang paling penting pada akir abad ke-20 adalah dunia yang memasuki “global democratic revulotion “. Kecendrungan revolusi demokrasi secara global di tunjukan Huntington dengan banyaknya negara-negara di Eropa Selatan, America Latin, Eropa Timur, Asia Timur yang meninggalkan pemerintahan otoriter dan menggantinya dengan sistem pemerintahan yang demokratis.

          Indonesia pada era reformasi , juga mengalami proses ini. Menurut Francis Fukuyama ( Gunawan, 1997 :3) menyatakan dunia sekarang sedang menyaksikansuatu proses universalisasi dari demokrasi liberal yang merupakan suatu model terakhir dari bentuk pemerintahan yang di ciptakan manusia. Karena demokrasi liberal ini dinilai paling mampu memenuhi keinginan manusia untuk dihargai martabatnya sebagai manusia.

          Nilai-nilai demokrasi memang sangat menghargai martabat manusia, menurut Sigmund Neuman (Budiardjo, 1980 :156 ) menyatakan meliputi nilai-nilai sebagai berikut :

1)      Sebagai zoon politikon, manusia menemukan kepuasan  dan kebebasan jiwa nya dalam melakukan peranannya dalam masyarakat, ia ingin menjadi suattu makhluk sosial.

2)      Setiap generasi dan setiap masyarakat harus menemukan jalannya sendiri yang berguna, untuk sampai kepada kepuasaan, dan untuk ini perlu di tinjau kembali mengenai permasalahan-permasalahan dunia, negara dan maysrakat.

3)      Kebebasan demokrasi terletak dalam hal ia memberikan setiap hari kepada manusia kesempatan untuk mempergunakan kebebasannya, dengan tidak lupa memenuhi segala kewajiban nya sehingga emnjadikan pribadi yang lebih baik.

Sumber :

https://callcenters.id/