CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF

Contoh 1

 Indonesia adalah negara yang majemuk. Terdapat banyak agama dan kepercayaandan selain itu suku budaya indonesia sangat beragam misalnya suku jawa, madura,batak, ambon dan masih banyak lagi suku – suku yang memiliki ciri khas masing -masing

Contoh 2

 Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masihsering terjadi. Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewasdalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namunrakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkanakan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh 3

 Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Asiamenempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Kumpulan ContohParagraf Deduktif Terbaik 2013 – Hal ini mungkin dipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur dan Asia Selatan. Jumlahpenderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan 95% penderitanyaadalah anak-anak di bawah 15 tahun.Keterangan: Kalimat utama terletak pada awal paragraf.

Contoh 4

 Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Bagaimanacaranya? Misalnya, ajaklah siwa mengamati dan mencatat jenis dan jumlah tanamantoga yang ada di lingkungan sekolah. Pada saat siswa belajar di SMP. disini siswadiajak untukbereksperimen kecil dengan membuat percobaan sederhana. Ketikasiswa belajar di SMA, berpikir ilmiah lebih ditekankan pada pengerjaan pelatihan yang lebih bervariasi atau juga dapat mengembangkannya. Artinya, untukbelajarberpikir ilmiah, siswa tidak perlu menunggu menjadi mahasiswa yang belajar diuniversitas. Itulah merupakan macam-macam contoh paragraf deduktif yangpertama.

 

Contoh

 5

Kecelakaan berbagai jenis peralatan utama sistem persenjataan milik TNI masihsering terjadi.Sepanjang tahun 2010 saja, tercatat sudah 76 anggota TNI tewasdalam berbagai kecelakaan. Korban jiwa tak hanya jatuh dari pihak TNI, namunrakyat sipil pun kadang juga turut menjadi korban. Kondisi seperti ini dikhawatirkanakan semakin menjatuhkan moral prajurit TNI.Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf.

Contoh

 6

Demam berdarah dengue masih menjadi ancaman di seluruh belahan dunia. Asiamenempati urutan pertama dalam jumlah korban tiap tahun. Hal ini mungkindipengaruhi oleh curah hujan yang sangat tinggi terutama di daerah Asia Timur danAsia Selatan. Jumlah penderitanya setiap tahun selalu mengalami peningkatan dan95% penderitanya adalah anak-anak di bawah 15 tahun.Keterangan: Kalimat utama terletak pada awal paragraf.

Contoh

 7

Tadi pagi sekitar pukul 06.30 WIB satu jenis pesawat berjenis Hercules jatuh diPurwodadi, Madiun, Jawa Timur. Pesawat tersebut jatuh di area persawahan danbelum ada data resmi mengenai pesawat tersebut. Namun diduga pesawat tersebutadalah milik TNI Angkatan Udara.Keterangan: Kalimat utama terletak di awal paragraf

Contoh

8

 Kanker masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh gayahidup yang tidak baik, pola makan yang tidak teratur, merokok, dll. Setiap manusiaberesiko untuk terkena penyakit kanker, karena di dalam setiap tubuh manusiaterdapat sel kanker pasif yang sewaktu-waktu bisa menjadi aktif akibat daripenurunan antibodi yang disebakan gaya hidup yang tidak baik.

Contoh

9

 Setiap hari selalu terjadi kemacetan di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh beberapafaktor, antara lain yang pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbangdengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga,banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel keretaapi, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya.Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas sertamenindak para pelanggar lalu lintas.

Contoh

10

 

Keluarga Berencana merupakan program yang sangat baik untuk diterapkan olehkeluarga keluarga di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Denganadanya program tersebut bisa mengatasi problematika tidak terkendalinya jumlahpopulasi penduduk. Semakin hari kini jumlah penduduk Indonesia semakinmembludak jumlahnya. Bahkan di beberapa wilayah lonjakan jumlah penduduk bisadibilang sudah melampaui batas. Hal tersebut tentunya menjadi permasalahbersama yang harus segera dipecahkan. Karena dengan semakin banyaknya jumlahpenduduk, maka kesempatan pemerolehan pekerjaanpun akan semakin sulit dan yangpasti imbaskan akan terdampak pada kesejahteraan masyarakat secara luas


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/gb-whatsapp-apk/