Mesin Mati Saat Belajar Mengemudi

Mesin Mati Saat Belajar Mengemudi

Sedangkan dua kemungkinan yang mengakibatkan mesin mati saat Anda belajar menyetir, yakni

Start cuma melepas kopling dan melupakan gas cuma melepas kopling saja serta yang Berhenti lupa tekan kopling (kaki diangkat dari tuas, namun diangkat pelan-pelan tetapi tetap nempel).

Persneling Mobil

Kita ambil contoh belajar mengemudi mobil manual. Biasanya kendaraan manual th. 90 an mempunyai 5 speed, yakni 1, 2, 3, 4, 5, serta R atau mundur. Hijau adalah posisi netral.

Cara memegang Setir

Cara memegang setir adalah ujung tuas berbentuk benjolan tak digenggam, namun dipegang memakai dua ruas bawah jari telunjuk serta tengah dan diapit jari yang lain di kanan kiri tanpa tekanan dan tarikan “Rileks”.

Cara pegang tuas persneling serta memindahkan gigi (persneling)

Saat memindahkan rasakan desakan serta bunyi, bila berbunyi “klek” bermakna cocok. Saat mengemudi kita harus bisa melakukanya dengan reflek “hafalkan letak posisi serta langkah perpindahannya” Sebab saat menyetir tak boleh melirik tuas maupun panel lain termasuk gas atau persneleng atopun rem untuk mengoperasikan mobil. Pengemudi harus terus focus mengatur jarak mobil di samping kanan-kiri serta depan.

Mulai Praktek Belajar Mengemudi

Pertama carilah posisi netral dari persneleng hingga mobil tidak meloncat.Selanjutnya pahami dan belajar dulu cara start, berhenti serta mengoper.

Untuk mulai start Hidupkan mesin, injak kopling serta masukkan ke perneling 1 terus injak kopling, kaki kanan menghimpit gas sampai suara mesin meningkat. Pelan – pelan kopling di lepas tanpa menaikkan gas, Anda akanmulai merasakan mobil mulai jalan. jika mobil sudah berjalan stabil silahkan lepas kopling dan menambah gas.

Cara mengoper perneling

Cara mengoper pada prinsipnya sama juga dengan cara start tadi, Akan tetapi perbedaan terdapat pada pergeseran nya, kopling ditekan, tuas persneling dipindahkan lalu kopling tak diangkat pelan-pelan namun cepat seiring menghimpit gas.

Cara Berhenti

Cara menghentikan mobil saat belajar adalah dengan menghimpit kopling, melepas gas serta kaki kanan geser diatas pedal rem dan injak perlahan untuk mengatur rem agar kendaraan lebih pelan untuk memposisikan sesuai keinginan. Tapi Ingat untuk tidak menghimpit pedal rem dengan kencang serta mendadak, beresiko! Tak hanya dapat menyebabkan insiden menyeruduk…bagian belakang kita : D atau minimal akan menyendal

Ada dua prinsip utama yang perlu diingat, agar menyetir dengan selamat : yakni menyetir dengan benar (tak ngerem mendadak, terus di jalur, berikan sinyal sebelum saat belok, pengereman serta penyusunan kecepatan yang pas, dan lain-lain) serta yang ke-2 yaitu ngalah! Walau kita ada di jalur yang benar, namun jika ingin selamet ya mengalah saja..

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/