Konsep Dasar Pertahanan Keamanan

Konsep Dasar Pertahanan Keamanan

Konsep Dasar Pertahanan Keamanan

Konsep Dasar Pertahanan Keamanan

Tujuan pertahanan keamanan negara adalah

menjamin keselamatan negara dari segala kemungkinan ancaman, baik eksternal maupun internal. Ini berarti menjamin persatuan bangsa dalam suasana tenteram dan damai, dalam keutuhan wilayah nasional.

Pertahanan keamanan negara bertumpu pada integrasi kekuatan ABRI dan rakyat dengan dukungan segenap asset nasional. Karena itu sistem pertahanan keamanan negara Indonesia disebut Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta.

Hak dan kewajiban rakyat dalam pembelaan negara ditetapkan dalam konstitusi dan diatur lebih lanjut dalam peraturan perundang-undangan. Adapun tingkat ketertiban rakyat dalam pembelaan negara disesuaikan dengan tingkat situasi yang dihadapi.

Konsep dasar keamanan negara mempersyaratkan pendekatan komprehensif. Karena itu implementasi konsep tersebut selalu mempertimbangkan interelasi segenap aspek kehidupan nasional, baik politik, ekonomi, sosio-kultural, yang berpengaruh terhadap stabilitas keamanan nasional.

Seluruh kontribusi Dephankam dan ABRI dalam pembangunan politik,  ekonomi, dan sosio-kultural dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat sekaligus sebagai upaya tidak langsung bagi pemeliharaan keamanan nasional.  Berdasarkan premis keseimbangan kepentingan yang didasarkan kepada falsafah Pancasila, maka Indonesia tidak pernah memandang sesuatu negara tertentu sebagai musuh atau bakal musuh.


Sumber: https://ironmanfactory.com/ahok-sosok-yang-paling-banyak-dicuitkan-tahun-ini/