Pohon Ketapang dan Penyebarannya

Pohon Ketapang dan Penyebarannya

Pohon Ketapang dan Penyebarannya

1. Ketapang (Terminalia catappa L.)

Ketapang merupakan salah satu jenis pohon yang biasanya hidup di daerah pantai. Ketapang memiliki nama latin Terminalia catappa L. Tidak hanya itu, ketapang yang merupakan sebagai nama lokal pohon tersebut memiliki nama yang berbeda di beberapa daerah. Nama-nama tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.

2. Taksonomi Tumbuhan Ketapang

Pohon ketapang (Terminalia catappa L.) adalah salau satu jenis pohon dalam famili combretaceae. Pohon tersebut memiliki klasifikasi sebagai berikut (Backer & Brink, 1963).
Kingdom : Plantae

Divisio : Magnoliophyta
Classis : Magnoliopsida
Ordo : Myrtales
Familia : Combretaceae
Genus : Terminalia 
Species : Terminalia catappa L.

3. Anatomi Pohon Ketapang
Anatomi diartikan sebagai “memotong” yang berasal dari kata Yunani “anatemnein”. Anatomi merupakan sebuah cabang ilmnu biologi yang mempelajari tentang struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Berikut adalah anatomi pohon ketapang (Terminalia catappa L.) yang terdiri dari batang, tajuk, seranting daun, bunga dan buah.

Batang pohon ketapang (Teminalia catappa L.) biasanya memiliki warna abu-abu dan juga abu-abu kecoklatan. Batang pohon ini tumbuh dengan arah yang tegak lurus (eretus) dan tingginya bisa mencapai 25 – 40 m dengan diameter mencapai 1,5 m. Batang pohon ini beralur (sulcatus).

Tajuk pohon ketapang (Terminalia catappa L.) sangat rindang dengan struktur yang bertingkat. Hal ini disebabkan karena cabang-cabangnya tumbuh secara horizontal. Daun ketapang berbentuk  lebar dan ada juga yang  kecil. Namun, pada umumnya daun ketapang lebih banyak ditemukan dengan ukuran yang lebar berbentuk bulat telur dengan panjang 8-38 cm dan lebar 5-19 cm dengan pangkal daun yang runcing dan ujung daun lebih tumpul (obtusus). Daun Terminalia catappa L. tergolong daun yang bertulang menyirip (penninervis), yaitu daun yang mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung dan merupakan terusan tangkai daun dengan tepi daun yang rata. Daunnya meluruh (meranggas) dua kali dalam setahun. Pada musim kemarau atau gugur warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan ada pula yang berwarna merah kecoklatan. Permukaan daunnya licin (laevis). Daging daun Terminalia catappa L. seperti perkamen, yaitu tipis tetapi cukup kaku (Aquaworld, 2006).

Bunga pohon ketapang (Terminalia catappa L.) berukuran kecil yang terkunpul di dalam bulir-bulir di dekat ujung rating berwarna putih dan tidak bermakhkota (Lemmens dan Soetjipto, 1999). Buah berbentuk bulat telur bersegi atau bersayap sempit (Syamsuhidayat dan Hutapea, 1991). Pohon ini biasanya mulai berbunga dan berbuah dari usia muda, misalnya dalam waktu 2-3 tahun penanaman (Thomson & Evans, 2006).