Internet

Internet

Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komuniasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Sederhananya, internet hanyalah sekumpulan jaringan yang dapat disatukan bersama. Jika anda memiliki satu LAN di satu suite kantor dan satu LAN lagi di suite kantor lain, Anda dapat menggabungkan keduanya, sehingga menciptakan suatu internet.

Internet bersifat umum. Setiap orang dengan sebuah komputer dan ke akses media komunikasi akan dapat menjelajahi Internet. Keterbukaan ini memiliki keunggulan dan kerugiaannya sendiri. Jika organisasi Anda mencari pelanggan-pelanggan baru, maka Anda ingin untuk memiliki kemungkinan penyimak terluas bagi produk-produk Anda. Akan tetapi, seseorang yang menggunakan Internet untuk mengambil data dari sumber daya komputer Anda dapat mengambil data yang Anda ingin jaga tetap pribadi.

Organisasi dapat membatasi akses ke jaringan mereka hanya kepada anggota-anggota organisasi dengan menggunakan intranet. Intranet menggunakan komputer jaringan yang sama dengan internet, namun membatasi akses ke sumber daya komputer hanya pada sekelompok orang terpilih di dalam organisasi. Intranet berbeda dari LAN karena secara teknis LAN tidak memiliki koneksi fisik ke jaringan lain. Banyak orang dengan cara yang salah menyebut kelompok lokal komputer mereka sebagai LAN mereka, bahkan meskipun jaringan lokal itu menjembatani ke jaringan-jaringan lain. Intranet memiliki koneksi ke jaringan-jaringan lain di dalam organisasi namun menggunakan peranti lunak, peranti keras, atau kombinasi dari keduanya untuk mencegah terjadinya komunikasi dari alat-alat di luar perusahaan. Yang umum digunakan untuk menjaga keamanan intranet adalah firewall.

Beberapa pengguna dari suatu jaringan yang memiliki otorisasi bisa jadi berada di luar batas perusahaan. Koneksi ke pengguna-pengguna diluar perusahaan kemungkinan besar akan dapat dilakukan melalui Internet. Ketika intranet diperluas untuk mencakup pengguna-pengguna di luar perusahaan, maka disebut sebagai ekstranet. Hanya para pelanggan dan sekutu bisnis saja yang dipercaya saja yang mampu mendapat akses ekstranet, karena akses ini mengizinkan kemungkinan penggunaan sistem informasi dan sumber daya komputer yang tidak secara langsung berhubungan dengan komunikasi. Firewall juga digunakan oleh ekstranet untuk mencegah diaksesnya sumber daya komputer oleh pengguna yang tidak terotorisasi.

2.6  Konvergensi Komputasi dan Komunikasi

Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki di antara keduanya. Kemungkinan-kemungkinan yang ada dibatasi oleh usia baterai, kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna.

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Setiap sinyal suara dapat didigitalisasi dan dikirimkan melalui Internet dan dimainkan kembali pada pengeras suara di tempat tujuannya. Jika komputer Anda memiliki sebuah mikrofon dan pengeras suara, maka Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan perlengkapan yang sama di komputer mereka. Skype (WWW.SKYPE.COM) telah menyediakan peranti lunak gratis untuk komunikasi seperti ini sejak tahun 2003.

Banyak pengguna menghubungkan VoIP dengan satu fitur tambahan yang dapat dibeli jika mereka mempergunakan modem kabel. Fitur tambahan tersebut menghubungkan komputer ke sistem telepon publik agar dapat melakukan koneksi komputer ke telepon.

 

Sumber :

https://weshop.co.id/london-hentikan-izin-operasi-uber/