Jenis-jenis Jaringan

Jenis-jenis Jaringan

Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting karena masing-masing dapat memainkan peran yang berbeda di dalam strategi komunikasi perusahaan. Untuk dapat dimasukkan ke dalam suatu jaringan, setiap peralatan – setiap  komputer, printer, atau alat-alat lain yang serupa – harus terpasang pada media komunikasi melalui kartu antarmuka jaringan. Kartu antarmuka jaringan atau Network Interface Card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara di antara data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dan jaringan.

2.5.1 Jaringan Area Lokal (Local Area Network)

Jaringan Area Lokal atau local Area networks (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Media ini biasanya berupa kabel tembaga, namun dapat berupa nirkabel, serat optik, atau media-media lainnya. LAN biasanya menggabungkan komputer-komputer yang secara fisik berdekatan, seperti berada di ruangan atau gedung yang sama. Sebagai aturan umum, LAN mencakup jarak total sebesar kurang dari satu setengah  mil, dengan jarak di antara dua alat tidak lebih dari 60 kaki.

Jaringan Area Metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah suatu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Jarak yang dijangkau ini yang membedakan MAN dari LAN.  Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN) digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batas LAN dan MAN. WAN menggunakan satu carrier umum, sistem telepon publik. Dengan koneksi Internet yang semakin meluas, minat terhadap WAN pun menurun. Untuk tujuan kepraktisan, WAN telah digantikan oleh Internet.

 

Sumber :

https://rianablog.com/di-sydney-antrean-iphone-8-hanya-30-orang/