ANALISIS STRATEGI

ANALISIS STRATEGI

  1. ANALISIS INTERNAL

Sebelum membahas mengenai analisis internal, terlebih dahulu kita harus memahami analisis SWOT. Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Thearts). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisis internal merupakan identifikasi situasi lingkungan yang dimaksudkan untuk membaca atau memotret gambaran kondisi internal organisasi yang aktual pada saat ini.

Dalam analisis SWOT dibagi menjadi 2 faktor yaitu faktor internal dan factor eksternal. Faktor internal meliputi kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses), sedangkan faktor eksternal meliputi peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats).

  1. Kekuatan (Strength) merupakan sumber daya atau kapabilitas yang di kendalikan oleh atau tersedia bagi suatu perusahaan yang membuat perusahaan relatif lebih ungguldi bandingkan persaingannya dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang di layaninya, Kekuatan muncul di kompetisi. Kapabilitas atau sumber daya yang di mimiki perusahaan yang dapat di gunakan sebagai alternatif untuk menangnani peluang dan ancaman.
  2. Kelemahan (Weakness) merupakan keterbatasan atau kekurangan dalamsatu atau lebih sumber daya atau kapabilitas suatu perusahaan relatif terhadap persaingannya, yang menjadi hambatan dalm memenuhi kebutuhan pelanggan secara efektif. Kelemahan muncul dari situasi internal perusahaan di mana kompetensi, kapabilitas atau SD yang du miliki perusahaan memiliki keterbatasan.[6]

.

  1. ANALISIS EKSTERNAL

Analisis eksternal adalah penelaahan peluang dan ancaman yang ada di lingkungan peluang dan ancaman hadir secara independen dari perusahaan.

Cara untuk membedakan antara kekuatan atau kelemahan dari peluang atau ancaman dalam analisis SWOT adalah dengan bertanya : apakah masalah ini ada jika perusahaan tidak ada? Jika jawabannya ya, maka kemungkinan adalah unsur eksternal bagi perusahaan. Peluang merujuk pada kondisi yang menguntungkan dalam lingkungan yang dapat menghasilkan manfaat bagi kepentingan organisasi jika di tindak lanjuti dengan benar. Artinya, peluang adalah situasi yang hadir tetapi harus di tindak lanjuti agar perusahaan dapat mengmbil manfaat darinya. Ancaman mengacu pada kondisi atau hambatan yang dapat mencegah perusahaan untuk mencapai tujuannya.[7]

sumber :

https://promo-honda.id/sabak-dari-babylonia-timbulkan-spekulasi-penemu-trigonometri/