BUDIDAYA BELIMBING WULUH DIPEKARANGAN

BUDIDAYA BELIMBING WULUH DIPEKARANGAN

BUDIDAYA BELIMBING WULUH DIPEKARANGANBUDIDAYA BELIMBING WULUH DIPEKARANGAN

Belimbing wuluh juga disebut belimbing sayur yang mempunyai rasa asam dimanfaatkan buahnya untuk keperluan bumbu masakan dan untuk bahan campuran jamu / obat herbal.

Menanam /budidaya belimbing wuluh sangat mudah karena tumbuhan ini bisa tumbuh di segala tempat ketinggian dan bermacam media tanah ,dari tanah lempung sampai tanah pasir ,kita juga bisa membudidayakan di pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari. Dibawah ini cara menanam / budidaya belimbing wulih dipekarangan rumah.

Bibit belimbing wuluh

Untuk mendapatkan bibit belimbing wuluh ada 2 cara yaitu dari biji ( generatif ) dan dari stek ,cangkok ,sambung pucuk ( vegetatif ), sebaiknya tanam bibit dari perbanyak vegetatif karena mempunyai keunggulan ,seperti cepat berbuah , terjaga kemurniannya.

Penanaman belimbing wuluh

Buat lubang diameter 25 cm kedalaman 30- 40 cm ,selanjutnya masukkan bokashi kedalam lubang setinggi 15 cm lalu siram dengan air sampai basah merata, selanjutnya taburkan insektisida furadan 3g 2 sendok makan kedalam lubang,

Langkah selanjutnya masukkan belimbing wuluh yang mempunyai tinggi 1m kedalam lubang , buka plastik penutup , usahakan agar tanah tidak lepas dari akar bibit belimbing ,selanjutnya tambahkan bokashi dan campur dengan tanah kedalam lubang lalu tekan agar rapat,selanjutnya siram kembali sampai merata ,dan pasang tajuk dan ikat dengan tali agar batang tidak bergerak.

Perawatan tanaman belimbing wuluh

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang masih baru, kemudian 2 hari sekali, dan bila telah hidup ,penyiraman dilakukan bila tanah terlihat kering.
Pemupukan dilakukan 3 minggu setelah tanam , gunakan pupuk kimia sedikit ( Urea ,ZA ) ditambah bokashi atau organik cair agar pertumbuhan cepat ,untuk pemupukan selanjutnya tiap 2 bulan sekali ,pupuk yang digunakan yaitu pupuk kompos / bokashi dari kotoran ternak , cara pemupukan dengan di buatkan parit disekitar batang tanaman lalu ditutup kembali setelah pemupukan selanjutnya siram sampai basah merata .

Pembersihan rumput pengganggu dilakukan 3 minggu sekali atau rumput liar telah tumbuh , pembubunan atau menimbun tanah pada akar tanaman yang longsor akibat air hujan dan penyiraman dilakukan 2 minggu sekali .

Pemanenan belimbing wuluh

Buah belimbing wuluh dapat dipetik umur 1 tahun setelah tanam ,tergantung perawatannya juga ,ciri buah yang masak siap dipetik antara lain buah sudah besar maksimal ,warna buah agak pudar.

Demikian cara menanam / budidaya belimbing wuluhdi pekarangan rumah .semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/