Pengertian Keluarga

Untuk pembahasan kali ini, kami akan memberi komentar kepada Keluarga tentang hal ini dari segi ahli, fungsi, jenis dan peran, agar lebih banyak dan lebih mengerti lihat lebih banyak di bawah.

Definisi Keluarga

Keluarga saya berasal dari bahasa Sansekerta: Saya dan warga negara saya adalah “keluarga” yang berarti “anggota” dan “kerabat”. Lingkungan keluarga yang ada sebagian orang masih memiliki hubungan darah, menjadi satu. Keluarga inti (“keluarga inti”) terdiri dari ayah, ibu, dan anak.

Arti Keluarga Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi keluarga menurut para ahli yang kami kutip dari blog.malavida.co.id, antara lain:

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia yang dikutip oleh Effendy, 1998: 32
Keluarga sebagai satu kesatuan adalah yang terkecil yang terdiri dari kepala keluarga dan jumlah orang yang berkumpul dan hidup di bawah pengaturan di suatu negara yang bergantung satu sama lain.

Menurut Salvicion G. Balion dan Aracelis Maglaya yang dikutip oleh Effendy, 1998: 32
Dua orang keluarga atau lebih yang bersatu untuk hubungan darah, perkawinan atau adopsi, dan mereka tinggal dalam satu rumah, berinteraksi satu sama lain dan peran masing-masing dengan baik untuk satu sama lain dan mempertahankan budaya mereka.

Baca Juga Artikel Terkait: Fungsi Keluarga

Menurut Friedman, 1998 dikutip Suprajitno 2004: 1
Keluarga adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama dengan keterikatan aturan emosional dan individu yang memiliki peran masing-masing yang merupakan bagian dari keluarga.

Menurut Sayekti 1994 dikutip Suprajitno, 2004: 1
Keluarga sebagai ikatan atau penyatuan hidup mereka berdasarkan perkawinan antara berbagai jenis orang dewasa yang tinggal bersama atau seorang pria atau wanita yang bukan salah satu dari mereka atau tidak memiliki anak, anak laki-laki, atau mengadopsi dan tinggal di rumah.

Oleh Bailon dan Maglaya
Dua keluarga atau lebih percampuran karena hubungan darah, perkawinan atau adopsi, dan mereka tinggal dalam satu rumah, berinteraksi satu sama lain dan organisasi masing-masing dan setiap bentuk dan terus menjadi salah satu budaya.

Oleh Effendy (2005)
Keluarga sebagai satu kesatuan adalah yang terkecil yang mencakup kepala keluarga dan jumlah orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah rumah, masing-masing bergantung.

Menurut Narwoto dan Suyanto
Keluarga adalah institusi sosial dasar di mana semua institusi atau institusi sosial lainnya didirikan. Orang-orang di seluruh dunia, keluarga sebagai kebutuhan manusia adalah universal dan sebagai bagian terpenting dari kegiatan yang disebutkan di dalamnya masing-masing.

Oleh Sigmund Freud
Keluarga kala itu terbentuk karena kehadiran suami istri.

Baca Juga Artikel Anda Sendiri: Pengertian, Jenis Dan Jenis Sosialisasi Di Komunitas Dan Keluarga

Menurut Hukum. Tidak. 10 Tahun 1992
Keluarga sebagai satu kesatuan adalah yang terkecil yang terdiri dari suami istri atau suami dan anak atau ayah dan anak atau ibu dan anak.

Oleh Duvall dan Logan
Keluarga sebagai sekelompok orang yang memiliki ikatan perkawinan, kelahiran dan tujuan adopsi menjadikan, memelihara dan meningkatkan perkembangan budaya fisik, emosional, mental dan sosial setiap anggota keluarga.