Manfaat Teh Hijau

Dalam dunia kesehatan, nama teh hijau sudah bergema dan dikenal luas oleh masyarakat umum. Banyak konsumen yang menggunakan teh hijau untuk minuman sehari-hari atau ada pula yang digunakan untuk mengobati penyakit. Manfaat teh hijau sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam bahasa Jepang disebut ryokucha yang artinya daun dari olahan tanaman teh tidak memerlukan oksidasi dan digunakan sebagai minuman. Dalam bahasa Latin, Camelia sinensis berasal dari daratan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Teh hijau ini termasuk semak yang tumbuh saat dipotong menjadi daun tanaman. Di bawah ini adalah deskripsi tumbuhan hijau.

  • AKAR
    Teh hijau memiliki akar tunggang yang kuat.
  • Benih
    Biji Camellia sinensis diperas untuk mengekstrak minyak pohon teh. Minyak teh dapat digunakan untuk kecantikan dan kesehatan.
  • Daun
    Panjang daun 4 – 15 cm, lebar daun 2 – 5 cm. Daun teh hijau ini mengandung sekitar 4% kafein. Daun teh hijaunya berwarna hijau muda. Untuk produksinya, gunakan daun muda. Di bagian bawah daun ada rambut putih pendek. Daun yang lebih gelap warnanya lebih gelap. Kualitas teh hijau ini juga tergantung dari umur daunnya. Perbedaan umur daun teh ini menyebabkan daun memiliki komposisi kimiawi yang berbeda.
  • Bunga
    Bunga teh hijau kuning-putih diameter 2,5 – 4 cm dengan 7 sampai 8 kelopak.

Table of Contents

Kandungan kimiawi teh hijau

Manfaat teh hijau memang tidak biasa karena mengandung berbagai bahan kimia yang tidak diketahui pria. Setiap porsi teh hijau mengandung bahan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan.

  • Epigallocatechin (EGC)
    EGC merupakan salah satu komponen utama teh hijau yang dapat meningkatkan aktivitas enzim dan memperkuat tulang. Kandungan ini juga berpotensi mencegah dan mengobati osteoporosis.
  • Polifenol
    Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat mencegah kanker paru-paru akibat rokok. Polifenol ini juga bisa menjadi antioksidan kuat yang bisa menghambat pertumbuhan tumor.
  • Katekin
    Katekin merupakan kelompok metabolit sekunder dan termasuk dalam kelompok flavonoid yang merupakan antioksidan. Kandungan kimiawi ini bisa melindungi mata dari beberapa penyakit. Katekin teh hijau ini juga berisiko menimbulkan stres berosilasi pada mata selama lebih dari 15 jam.
  • Karbohidrat
    Kandungan karbohidrat pada teh hijau bermanfaat untuk meningkatkan gula darah.
    Manfaatnya hijau

Kandungan bahan kimia dan nutrisi yang banyak pada teh hijau hingga tanaman ini ditanam di Indonesia. Beberapa manfaat teh hijau adalah sebagai berikut.

  • Mencegah resiko kanker
    Kandungan antioksidan EGC yang terdapat pada tanaman teh hijau dipercaya dapat membunuh sel kanker. Mengkonsumsi teh hijau dapat mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru akibat merokok.
  • Melawan alergi
    Salah satu manfaat yang luar biasa adalah teh hijau dapat melawan alergi karena kandungan EGC-nya. Kandungan EGC yang dapat memblokir IgE yang merupakan reseptor utama yang terlibat dalam respons alergi.
  • Menajamkan mata
    Para peneliti telah membuktikan bahwa teh hijau menghasilkan katalis yang dapat diserap oleh jaringan mata, membuat rasa kehadiran menjadi lebih tajam.
  • Mengurangi kadar kolesterol
    Antioksidan EGC dapat mencegah penyerapan kolesterol oleh tubuh. Jadi ada baiknya Anda mengganti konsumsi minuman dengan teh hijau.
  • Lindungi diri Anda dari efek sinar UV
    Manfaat teh hijau ini berasal dari kandungan katekin yang dapat menghalangi sinar UV dan menunda penuaan kulit dini.

Teh hijau spesial hanyalah tanaman kecil, tetapi teh hijau yang bermanfaat sangat besar setiap hari untuk perlindungan.