Apa Manfaat Minum Air Panas?

Air minum panas atau dingin membuat tubuh Anda sehat dan terhidrasi.

Ada yang mengatakan bahwa air panas khususnya dapat membantu meningkatkan pencernaan, meredakan hidung tersumbat, dan bahkan meningkatkan relaksasi dibandingkan dengan minum air dingin.

Sebagian besar manfaat kesehatan dari mata air panas didasarkan pada laporan anekdot, karena hanya ada sedikit penelitian ilmiah di bidang ini. Meski begitu, banyak orang yang menerima pengobatan ini, terutama pada pagi hari atau sebelum tidur.

Saat mengonsumsi minuman panas, penelitian menunjukkan suhu optimal antara 130 hingga 160 ° F (54 dan 71 ° C). Suhu di atas dapat menyebabkan luka bakar atau luka bakar.

Untuk lebih sehat dan lebih sedikit vitamin C, coba tambahkan sedikit lemon ke air panas untuk membuat jus lemon.

Artikel ini membahas 10 metode yang dapat memperoleh manfaat dari minum air panas.

1. Anda dapat meredakan hidung tersumbat

Secangkir air panas membentuk uap. Tahan secangkir air panas dan hirup uap lembut ini dalam-dalam, ini dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan juga meredakan sakit kepala sinus.

Karena terdapat mukosa pada sinus dan tenggorokan paranasal, mengonsumsi air panas dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan radang tenggorokan akibat penumpukan lendir.

Sebuah studi yang lebih tua pada tahun 2008 menemukan bahwa minuman panas seperti teh memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari pilek, batuk, sakit tenggorokan dan kelelahan. Minuman panas lebih efektif pada suhu kamar dibandingkan minuman sejenis.

2. Dapat membantu pencernaan

Air minum mendorong pergerakan sistem pencernaan. Saat air bergerak ke perut dan usus, tubuh lebih mampu membuang limbah.

Beberapa percaya bahwa minum air panas mengaktifkan sistem pencernaan dengan sangat efektif.

Teorinya adalah air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang Anda makan, sehingga menyulitkan tubuh Anda untuk mencerna.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendemonstrasikan manfaat ini, meskipun sebuah penelitian pada tahun 2016 menunjukkan bahwa air hangat mungkin memiliki efek menguntungkan pada pergerakan usus dan ekskresi gas pasca operasi.

Sedangkan jika Anda merasa asupan air panas dapat melancarkan pencernaan, tidak ada salahnya jika digunakan sebagai obat.

3. Dapat meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Kegagalan mendapatkan cukup air, panas atau dingin, dapat berdampak negatif pada fungsi sistem saraf, yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

Dipercaya bahwa air minum dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf pusat serta suasana hati.

Studi ini menunjukkan bahwa minum air meningkatkan aktivitas otak partisipan selama aktivitas yang menuntut dan juga mengurangi kecemasan yang mereka laporkan.

4. Dapat membantu meredakan sembelit

Dehidrasi adalah penyebab umum sembelit. Dalam banyak kasus, air minum merupakan metode yang efektif untuk meredakan dan mencegah sembelit. Menjaga keadaan terhidrasi membantu melunakkan tinja dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

Asupan air panas secara teratur dapat membantu fungsi usus secara teratur.

5. Terhidrasi

Meskipun beberapa bukti dari sumber yang dapat dipercaya menunjukkan bahwa air dingin paling baik untuk pengganti cairan, air minum pada suhu berapa pun mendorong hidrasi.

Institut Medis merekomendasikan sumber terpercaya untuk memberi wanita 78 ons (2,3 liter) sehari dan pria 112 ons (3,3 liter) sehari. Angka-angka ini termasuk air dari makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan apa pun yang meleleh.

Anda juga membutuhkan lebih banyak air jika Anda sedang hamil atau menyusui, melakukan aktivitas berat, atau bekerja di lingkungan yang hangat.

Cobalah memulai hari dengan satu porsi air panas dan akhiri dengan yang lain. Pada dasarnya, tubuh Anda membutuhkan air untuk menjalankan semua fungsi vitalnya, jadi nilainya tidak bisa dilebih-lebihkan.

Berapa banyak minum sehari? Anda dapat membaca lebih lanjut di sini.

Baca juga: